Ini Protokol Kesehatan Penanganan Covid-19, Dibaca Ya, Agar Tak Gampang Panik

Kabar Baik dari Batam

Ini Protokol Kesehatan Penanganan Covid-19, Dibaca Ya, Agar Tak Gampang Panik

2 min read

MEREBAKNYA Covid-19, memang mengkhawatirkan. Namun bila kita paham protokol atau aturan standar, maka tak perlu terlalu panik menghadapinya.

Di sini kami akan share Protokol Kesehatan Penanganan Covid-19.

Jika Anda merasa tidak sehat, misal demam 38 derajat Celcius, dan batuk/pilek, maka istirahatlah yang cukup di rumah.

Bila keluhan berlanjut, atau disertai kesulitan bernafas (sesak atau nafas cepat), segera berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) terdekat.

Namun saat berobat ke fasyankes, gunakanlah masker. Apabila tidak ada masker, ikuti etika batuk/bersin yang benar dengan cara menutup mulut dan hidung dengan tisu atau punggung lengan.

Saat menuju fasyankes, usahakan juga tidak menggunakan transportasi massal.

Selanjutnya, tenaga kesehatan (nakes) di fasyankes akan melakukan screening suspectCOVID-19

Jika memenuhi kriteria suspect COVID-19, maka Anda akan dirujuk ke salah satu rumah sakit (RS) rujukan yang siap untuk penanganan COVID- 19.

Di Batam RS rujukannya adalah RSUD Embung Fatimah di Batuaji, dan RS Badan Pengusahaan Batam di Sekupang.

Jika tidak memenuhi kriteria suspect COVID-19, maka Anda akan dirawat inap atau rawat jalan tergantung diagnosa dan keputusan dokter fasyankes.

Jika anda memenuhi kriteria Suspect COVID-19 akan diantar ke RS rujukan menggunakan ambulan fasyankes didampingi oleh tenaga kesehatan yang menggunakan alat pelindung diri (APD).

Di RS rujukan, akan dilakukan pengambilan spesimen untuk pemeriksaan laboratorium dan dirawat di ruang isolasi.

Selanjutnya, spesimen akan dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) di Jakarta. Hasil pemeriksaan pertama akan keluar dalam 24 jam setelah spesimen diterima.

Bagaimana jika hasilnya positif? Maka Anda akan dinyatakan sebagai penderita COVID-19 dan sampel akan diambil setiap hari.

Anda akan dikeluarkan dari ruang isolasi jika pemeriksaan sampel 2 (dua) kali berturut-turut hasilnya negatif. Artinya, Anda akan dirawat sesuai dengan penyebab penyakit.

Bagaimana bila Anda Sehat? Tetap akan ditanya apaada riwayat perjalanan 14 hari yang lalu ke negara terjangkit COVID-19, ataumerasa pernah kontak dengan penderita COVID-19. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.