Bikin Pelanggaran di Lampu Merah, Kini Bisa Langsung Ditegur via Pengeras Suara

Kabar Baik dari Batam

Bikin Pelanggaran di Lampu Merah, Kini Bisa Langsung Ditegur via Pengeras Suara

1 min read

JANGAN coba-coba melanggar. Dinas Perhubungan Kota Batam telah menerapkan sistem kendali lalu lintas kendaraan atau area traffic control system (ATCS) di lampu lalu lintas yang terpasang di 10 persimpangan utama di kota ini.

Melalui sistem itu, petugas dapat dengan mudah memergoki pengendara yang melanggar garis batas maupun bentuk pelanggaran lain dan langsung menegur lewat voice announcer ATCS.

“Operator bisa menegur pelanggar lalu lintas di titik tersebut. Misal pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan helm atau kendaraan yang melewati stop line,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Rustam Effendi di Kantor Dishub Batam, Rabu (18/3/2020).

Adapun lokasi ATCS yang telah dilengkapi dengan voice announcer yaitu Simpang Martabak Har Nagoya, lampu merah Sekolah Tinggi Ibnu Sina di Lubukbaja, dan Simpang Seraya Atas.

Kemudian lampu merah Masjid Agung, simpang Poltek, Kara, KDA di Batam Centre. Serta Simpang Kabil, Simpang Panbil Mukakuning, dan Simpang Basecamp.

“Pemasangan ini selain di jalan protokol juga di lokasi-lokasi yang rawan kecelakaan dan rawan pelanggaran. Sejauh ini operator paling banyak menegur pengendara di Simpang Panbil dan Simpang Basecamp,” tuturnya.

Rustam menjelaskan, operator bertugas untuk memberikan peringatan terkait pelanggaran lalu lintas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.