Bentuk Tim, Gugus Tugas Libatkan Camat hingga RT untuk Lacak Terduga Covid-19

Kabar Baik dari Batam

Bentuk Tim, Gugus Tugas Libatkan Camat hingga RT untuk Lacak Terduga Covid-19

2 min read

BERSATU LAWAN COVID-19

YUK bekerja sama, bangun semangat solidaritas dan persaudaraan. Bersama kita lawan penularan virus Covid-19 di Batam.

Saat ini Gugus Tugas Percepatan Penanganan corona virus disease (Covid-19) Kota Batam membentuk tim tingkat kecamatan. Unsurnya terdiri dari camat, lurah, puskesmas, hingga perangkat RT/RW. Ayo ikut ambil peran!

“Hari ini dibentuk tim di kecamatan yang mengikutsertakan unsur pimpinan kecamatan, kepala puskesmas, lurah. Lurah juga akan mengikutsertakan koordinasinya dengan RT/RW setempat,” kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, H Amsakar Achmad (HAM) di Batam Centre, Kamis (19/3/2020).

Ia mengatakan tim Gugus Tugas akan melakukan penyisiran terhadap warga yang masuk dalam empat kriteria:

1. Orang dalam Pemantauan (ODP)
2. Pasien dalam Pengawasan (PDP)
3. Suspect
3. Terkonfirmasi

“Empat kriteria inilah yang jadi sasaran tim yang dibentuk di tingkat kecamatan tadi,” jelas HAM yang juga Wakil Walikota Batam ini.

Dari tim kecamatan inilah, lanjutnya, akan diinformasikan mana warga yang harus dilacak.

Karena itu tim kecamatan diminta untuk segera lakukan pertemuan internal, dan besok sudah mulai jalan menyisir warganya.

“Seiring dengan menunggu kedatangan alat untuk bergerak cepat. Kita harapkan seminggu ke depan, seluruh masyarakat Kota Batam sudah tersisir. Karena kita ingin segera juga menginformasikan pada publik seperti apa sebenarnya tingkat kegawat-daruratan Kota Batam,” kata dia.

Suami Hj Erlita Sari Amsakar ini menjelaskan, tim akan langsung beraksi setelah alat pelindung diri (APD) tersedia.

Gugus tugas akan mendistribusikan peralatan seperti masker, sarung tangan, thermogun (thermometer infra merah), dan cairan sanitasi tangan (hand sanitizer) ke tim kecamatan.

“Melihat rasa berkita yang dimiliki seluruh pemangku kepentingan, kita optimis dua pekan ke depan sudah dapat gambaran secara utuh. Dan sesuai arahan Walikota Batam (H Muhammad Rudi/HMR), tim harus dalam satu kesatuan waktu bergeraknya. Tidak bisa hari ini Kecamatan Batuaji, besok Sagulung. Karena orang Batuaji ini ke Sagulung juga,” ujarnya. ***
_______
Sumber: Media Center Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.