Hujan Kembali Guyur Batam, Kali Ini Sangat Deras

Kabar Baik dari Batam

Hujan Kembali Guyur Batam, Kali Ini Sangat Deras

2 min read
SEJAK pagi hingga sore ini (Senin, 23/3/2020), Kota Batam diguyur hujan deras. Tak hanya di Batam Center, hujan juga dirasa masyarakat di seperti Batuaji, Tanjunguncang, Tiban, Sekupang dan lainnya.

Dari pantauan kami di Batam Cente, dalam sehari ini, sudah tiga kali hujan turun. Pertama pukul 07.00 WIB pagi, hanya bertahan satu jam.

Lanjut lagi pukul 14.00 WIB. Cukup deras, namun cuma satu jam. Kemudian pukul 16.30 WIB. Kali ini sangat deras disertai petir dan guntur.

Beberapa hari lalu, masyarakat Kota Batam dari beragam instansi, silih berganti melaksanakan salat istisqa, salat memohon diturunkan hujan.

Hal ini sesuai imbauan Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) guna menghadapi ancaman krisis air baku dan air bersih di Kota Batam.

Tak hanya itu, HMR yang juga sebagai Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, berencana membuat hujan buatan dengan teknologi yang sudah ada.

BP Batam akan menjalin kerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Sebelum itu, bakal dibuat kajian untuk teknologi yang akan digunakan. Proses kajian itu memakan biaya Rp 100 juta.

“Realisasi usaha ini akan memakan waktu pengkajian selama 2 minggu dengan biaya Rp100 juta untuk proses kajian,” ujar Kepala BP Batam Muhammad Rudi, Selasa (10/3/2020) lalu.

Namun upaya itu tidaklah bisa dipastikan menjamin akan turun hujan dalam waktu dekat dan menambah debit air di waduk-waduk yang ada di Batam.

Menurut HMR, membuat hujan buatan harus melihat awan. Bila tak ada awan, tak bisa dibuat.

Realisasi teknologi hujan buatan ini akan dilakukan Maret ini, usai hasil studi kelayakan keluar.

“Dan teknologi ini akan dilakukan di Batam selama 1 tahun hingga waduk Duriangkang kembali ke titik normal,” katanya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *