Selain Memetakan, Penyisiran juga untuk Membantu Pengobatan Masyarakat

Kabar Baik dari Batam

Selain Memetakan, Penyisiran juga untuk Membantu Pengobatan Masyarakat

2 min read

BERSATU LAWAN COVID-19

PENYISIRAN masyarakat yang memiliki gejala awal corona virus disease (Covid-19) bukan ingin mengarantina semua warga Batam, tapi untuk membantu yang terpapar segera ditangani bahkan diobati gratis.

Demikian disampaikan Walikota Batam sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam H Muhammad Rudi (HMR) saat konferensi pers di ruang terbuka, Panggung Utama Dataran Engku Puteri, Senin (23/3/2020).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Batam Nuryanto, Wakil Walikota Batam yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam H Amsakar Achmad (HAM).

“Kami ingin membantu saudara-saudara kita yang mungkin dalam penyisiran di lapangan, ada yang sakit yang kebetulan mirip gejala Covid-19, tapi tidak punya uang untuk berobat,” jelas HMR,

Kepala Badan Pengusahaan Batam ini menjelaskan, saat ini sudah menyiapkan beberapa tenpat karantina. Untuk Batam bagian timur di Asrama Haji Batam Center, dan Batam bagian barat di rumah susun di Sagulung.

“Di situ ada dua rumah susun, satu milik BP Batam yang sudah bisa kita gunakan, satu lagi punya Pemko, masih kita siapkan. Mungkin dua hari lagi sudah bisa digunakan,” jelasnya.

Sekali lagi HMR menegaskan, masyarakat yang dibawa ke tempat karantina tadi tidak usah khawatir karena seluruh biaya pengobatan akan ditanggung oleh pemerintah dan pengusaha.

“Kalau uang pengusaha habis, maka ini akan ditanggung pemerintah. Walikota dan Ketua DPRD sudah sepakat yang sakit akan ditanggulangi oleh pemerintah untuk berobat,” ujar suami Hj Marlin Agustina (HMA) ini.

Bagaimana kalau dalam penyisiran tak ditemukan indikasi sakit, atau ada yang setelah diperiksa ternyata cuma demam biasa.

“Tetap akan diobati dan selanjutnya dipersilakan beraktivitas seperti biasa,” jawab peraih penghargaan Walikota Terbaik Asia 2019 ini.

HMR berharap satu hingga dua hari ini, penyisiran yang dilakukan Tim Gugus Tugas yang dipimpin HAM, tuntas. Sehingga dua minggu mendatang, penanganan pandemik Covid-19 di Batam bisa diselesaikan.

“Meski tidak 100 persen, paling tidak semua sudah terpetakan, sehingga akan lebih mudah ditangani,” harapnya.

Untuk itu dia meminta agar tolong, sekali lagi tolong, masyarakat bisa bekerja sama. Ikutilah anjuran pemerintah. Karena ini demi keselamatan bersama.

“Mudah mudahan kerja mulia kita ini diridhoi Allah Subhanahu Waaala. Saya cuma ingin Batam kondusif, aman, dan ekonomi bisa bangkit lagi seperti sebelumnya,” tutupnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.