Mulai Hari Ini, Sebaiknya Salat Berjamaah di Rumah Dulu

Kabar Baik dari Batam

Mulai Hari Ini, Sebaiknya Salat Berjamaah di Rumah Dulu

1 min read

SESUAI dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) no 14, kaum Muslimin Kota Batam untuk sementara diminta tidak salat berjamaah di masjid dan musala.

Hal tersebut disampaikan lewat Surat Edaran Walikota Batam Nomor 306/Kesra/2020 Tentang Penanggulangan dan Pencegahan Penyebaran Covid 19 di Masjid dan Musala.

Pada poin 2 menyebut: tidak menyelenggarakan salat Jumat sampai keadaan menjadi normal dan tidak melakukan aktivitas dengan melibatkan orang banyak yang diyakini dapat menjadi media penyebaran Covid-19, seperti pengajian umum, majelis taklim dan lain-lain.

Pada poin 3: Sebaiknya melaksanakan salat berjamaah di rumah masing-masing.

Imbauan terkait dengan kegiatan beribadah umat Islam agar terhindar dari wabah virus corona (COVID-19) ini, mulai diterapkan secara utuh di Masjid Agung Batam, Batamcentre.

Mulai Rabu (25/3/2020) siang, masjid utama umat Islam untuk kawasan Batamcentre itu sudah tidak lagi menyelenggarakan salat Dzuhur berjamaah.

Karpet atau sajadah masjid dengan model atap linmas itu sudah digulung, sementara semua pintu masuk ke dalam masjid diberi pita tanda dilarang masuk.

Kabag Kesra Pemko Batam, Riama Manurung kepada Batamclick.com mengatakan, pihaknya telah menyebar luaskan edaran Walikota Batam ke pengurus masjid dan musala se-Kota Batam.

“Pak Wali minta semua pengurus masjid dan musala beserta jamahnya mematuhi edaran tersebut,” ungkap Riama.

Ia menjelaskan di dalam surat edaran itu, jelas dikatakan bahwa salat berjamaah dilakukan di rumah masing-masing.

“Boleh salat berjamaah, tapi di rumah masing-masing saja, sama keluarga, selama kasus covid 19 ini,” sebutnya.

Sementara muadzin atau petugas adzan dalam edaran tersebut, masih harus mengumandangkan adzan saat waktu sholat tiba. “Dipatuhilah demi kita bersama,” tutup Riama. ***
_____
Sumber: dilengkapi Batamclick.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *