Sekali Pakai Baju APD, Tak Boleh Makan, Minum bahkan BAB Selama Berjam-jam

Kabar Baik dari Batam

Sekali Pakai Baju APD, Tak Boleh Makan, Minum bahkan BAB Selama Berjam-jam

2 min read

BERSATU LAWAN COVID-19

PERJUANGAN tim medis (perawat dan dokter) melawan Covid-19, sudah dimulai sejak dia memakai baju Alat Perlindungan Diri (APD). Selama 8 hingga 12 jam mereka tak boleh makan, minum, bahkan buang air!

Di sini kami sertakan demonstrasi Alat Perlindungan Diri (APD) yang dipakai tenaga kesehatan (khususnya, perawat dan dokter) saat melakukan tindakan di lingkungan yang sangat infeksius (pasien penyakit menular)

Perhatikan lapis demi lapis yang harus mereka pakai.

Sekali dipakai, tak boleh dibuka. Mereka harus dalam keadaan seperti itu tanpa minum, makan, dan buang air kecil, bahkan buang air besar selama waktu shiftnya (8-12 jam) atau tergantung periode yang disepakati.

APD ini bersifat sekali pakai. Maka itu, persediaan APD selalu kurang.

Ketika mereka hendak melepasnya, seluruh APD harus dibuang di tempat limbah infeksius (infectious – X).

Yang termasuk ke dalam Limbah infeksius antara lain: Limbah yang berasal dari perawatan pasien yang memerlukan isolasi penyakit menular atau perawatan intensif dan limbah laboratorium.

Satu lagi, ketentuan penggunaan APD di ruangan isolasi, ICU, IGD, atau ruang administrasi akan berbeda. Misalnya, setelah keluar satu ruang isolasi di mana terdapat sejumlah pasien, APD harus dilepas dan diganti dengan yang baru saat masuk ke ruang isolasi lain.

Hal ini bertujuan untuk melindungi tenaga medis dari virus di dalam ruangan, serta mencegah virus tersebut keluar dari ruangan.

Karena itu, wajarlah kami sampaikan agar kita membantu pejuang kemanusiaan ini. Caranya: nurut, patuh aturan pemerintah dalam menangani Covid-19, demi kebaikan kita bersama.

Paramedis ini sudah berjuang demi kita dan kita sudah semestinya rela juga berkorban untuk mereka.

Mari bersama-sama saling bantu sesuai porsi dan kemampuan masing-masing. Bersama kita bisa lalui ini semua. Waspada, tak usah panik. Jaga jarak tubuh, rajin cuci tangan, dan sebaiknya tetap di rumah aja! ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *