Tak Benar Ada 4 Orang Meninggal karena Covid-19 di Batam

Kabar Baik dari Batam

Tak Benar Ada 4 Orang Meninggal karena Covid-19 di Batam

2 min read

SAMPAI saat in hanya satu kasus positif Covid-19 (corona virus disease 2019) yang meninggal di Batam.

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi di Sekupang, Selasa (24/3/2020).

Pernyataan ini sekaligus meluruskan asumsi orang akibat pemberitaan media tentang empat orang meninggal di Batam.

Padahal, tiga dari empat korban yang meninggal itu masih berstatus pasien dalam pengawasan (PDP).

Dari tiga PDP yang meninggal tersebut, dua di antaranya sudah keluar hasil pemeriksaan swab (air liur) dan dinyatakan negatif Covid-19.

Sedangkan satu PDP lain yang meninggal, statusnya masih menunggu hasil pemeriksaan swab dari Balitbang Kementerian Kesehatan.

Sekali lagi, PDP bukan berarti sudah positif Covid-19. “Yang menentukan pasien menjadi PDP adalah dokter di rumah sakit tempatnya dirawat. Tentunya dengan memakai panduan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan,” tuturnya.

Panduannya antara lain ada gejala pneumonia ditambah ada riwayat perjalanan dari negara atau daerah yerjangkit. Atau ada pneumonia ditambah pernah kontak dengan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Terkait cara penanganan tiga jenazah pasien PDP yang meninggal tersebut, sama seperti pada kasus Covid-19, jika hasil swab belum keluar. Yaitu dengan wrapping berlapis termasuk peti jenazah. Kemudian dilakukan disinfeksi terhadap peti tersebut.

Selanjutnya dari ruang pemulasaran jenazah di rumah sakit, langsung dibawa ke lokasi pemakaman. Dan dianjurkan untuk segera dimakamkan dalam waktu kurang dari 4 jam.

Sementara itu, hingga Selasa (24/3/2020), sudah 33 sampel swab (air liur) dicek dari warga Kota Batam. Sebanyak 22 sampel dinyatakan negatif, 3 sampel positif, dan 8 sampel dalam proses laboratorium.

Sampel yang diambil ini berasal dari 33 pasien dalam pengawasan (PDP) di Kota Batam. Data ini berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, dan dapat diakses di lawancorona.batam.go.id. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *