Melihat Kesigapan Tim Puskesmas Jadi Garda Terdepan Deteksi Covid-19

Kabar Baik dari Batam

Melihat Kesigapan Tim Puskesmas Jadi Garda Terdepan Deteksi Covid-19

2 min read

BERSATU LAWAN COVID-19

JANGAN lupakan peran Puskesmas! Di tengah heroisme melawan penularan Covid-19, Puskesmas menjadi garda terdepan. Sebab, sebelum ke rumah sakit, pasien terlebih dahulu akan ke Puskesmas.

Inilah early warning system atau deteksi dini yang dibangun oleh pemerintah. Bila hal ini berjalan dengan baik, maka respon cepat bisa lebih dimaksimalkan.

Kami berhasil mendapatkan foto-foto bagaimana perjuangan paramedis di UPTD Puskesmas Mentarau, berjuang menyelamatkan nyawa orang yang diduga terpapar Covid-19, sebelum dirujuk ke rumah sakit.

Di foto itu, tampak petugas bahu membahu memasangkan baju Alat Pelindung Diri (APD) pada rekannya yang akan menangani pasien yang diduga memiliki gejala mirip Covid-19.

Usai lakukan deteksi dini, dengan menanyakan apa saja keluhan, riwayat sakit, riwayat perjalanan, dan riwayat kontak dengan pasien covid-19, selanjutnya mereka membawa pasien ke rumah sakit dengan ambulan.

Sama halnya dengan petugas rumah sakit, di setiap puskesmas juga harus dibekali baju APD. Karena baju “astronot” ini sangat menentukan kesehatan dan keselamatan tenaga medis yang menangani pasien Covid-19.

Pakai APD saja rentan tertular, hingga gugur. Apalagi jika tidak dibekali dengan alat lengkap.

APD yang digunakan tim medis kini hanya sekali pakai. Begitu selesai, harus dibuang dan dimusnahkan.

Maka itu, tolong jangan sia siakan perjuangan mereka. Perang melawan Covid-19 ini bukan hanya tugas paramedis itu, tapi juga tugas kita semua.

Mari, bantu mereka dengan mematuhi anjuran Pemerintah Kota Batam dalam hal ini Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) dan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kota Batam yang juga Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad, agar selalu tinggal di rumah dan jaga jarak fisik.

Jangan lupa doakan agar pengorbanan tim medis Puskesmas di seluruh Kota Batam ini dibalas Tuhan dengan sebaik-baiknya keberkahan. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *