Tolong, Jangan Takut-takuti Warga dengan Berita Kurang Kredibel terkait Covid-19

Kabar Baik dari Batam

Tolong, Jangan Takut-takuti Warga dengan Berita Kurang Kredibel terkait Covid-19

2 min read

BERSATU LAWAN COVID-19

TIM Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam yang menyisir warga hingga ke kelurahan-kelurahan, menemukan 2.063 orang menunjukkan gejala mirip Covid-19.

Mengapa disebut “mirip”? Sebab, belum tentu itu Covid-19. Bisa saja gejala penyakit virus lain, seperti yang baru-baru ini terjadi di Puskesmas Tiban Mentarau. Namun setelah dirujuk ke Rumah Sakit Badan Pengusahaan Batam, ternyata hanya sakit asma biasa.

Sekadar diketahui, tak bisa sembarangan mengecap seseorang positif Covid-19. Untuk bisa menentukan status orang dalam pengawasan (ODP) atau pasien dalam pengawasan (PDP) saja, harus melalui serangkaian prosedur, sesuai panduan Kementerian Kesehatan.

Terkait penemuan ribuan ODP dan PDP usai dilakukan penyisiran, tak usah panik bila di hari-hari ke depan kita akan selalu mendengar atau membaca kabar semacam ini.

Kenapa?

Karena itu menandakan langkah awal Pemerintah Kota Batam memerangi pandemik Covid-19 mulai menunjukkan keberhasilan.

Kenapa?

Sebab ini artinya, early warning sudah bisa dilakukan dan dipetakan. Hal yang tersembunyi, kini mulai nampak. Sehingga penanganan selanjutnya akan lebih maksimal.

Itulah kenapa Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) menyiapkan beberapa tempat karantina yakni Asrama Haji untuk warga yang terdata bagian timur Batam.

Sedangkan dua rusun milik Pemko dan BP Batam di Tanjunguncang untuk warga yang terdata di bagian Barat.

“Di rusun sekitar 400 yang bisa ditampung. Asrama Haji 700 sampai 800 orang,” sebutnya.

Jika tak mencukupi juga, maka pihaknya menyiapkan dua gedung Rumah Sakit (RS) BP Batam yang lama karena memiliki beberapa ruangan yang saat ini tak digunakan.

“Kalau tak muat juga, kita gunakan Sport Hall Indoor Stadion Temenggung Abdul Jamal. Kami minta bantu alat tidur Danrem dan Danlantamal, yakni alat tidur tentara,” imbuhnya

Semua ini adalah langkah-langkah terukur dalam memerangi Covid-19 di kota Batam.

Maka itu sekali lagi jangan panik, tapi tetap waspada dengan mengikuti anjuran Pemerintah Kota Batam, seperti rajin cuci tangan, jaga jarak fisik, dan tetap tinggal di rumah.

Jangan lupa juga untuk selalu memantau informasi real tentang Covid-19 di Kota Batam melalui website resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di:
http://lawancorona.batam.go.id. ***
_________
Sumber: http://lawancorona.batam.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.