HMR Minta Tak Salah Artikan Data soal Covid-19 di Batam

Kabar Baik dari Batam

HMR Minta Tak Salah Artikan Data soal Covid-19 di Batam

2 min read

WALIKOTA Batam H Muhammad Rudi (HMR) meminta masyarakat agar tak salah mengartikan atau memberitakan situasi terkait penanganan Covid-19 di Kota Batam.

Hal ini ditegaskan HMR yang juga Kepala Badan Pengusahaan Batam tersebut, karena melihat banyaknya informasi yang diartikan keliru. Akibatnya masyarakat resah.

Misalnya terkait jumlah penderita Covid-19, ada yang salah arti menganggap jumlahnya sudah ribuan. Padahal sampai saat ini di Batam yang sudah terkonfirmasi positif ada 3 orang.

Terkait hasil penyisiran di lapangan, memang ditemukan sekitar 2.065 orang yang memiliki gejala mirip, sekali lagi mirip, Covid-19 dan saat ini belum dilakukan karantina khusus, karena masih menunggu rapid test.

Mengapa HMR menyebut “mirip”? Sebab, belum tentu itu Covid-19. Bisa saja gejala penyakit virus lain, seperti yang baru-baru ini terjadi di Puskesmas Tiban Mentarau. Ada yang mengeluhkan sakit mirip gejala Covid-19. Namun setelah dirujuk ke Rumah Sakit Badan Pengusahaan Batam, ternyata hanya sakit asma biasa.

“Jadi perlu saya luruskan 2.065 orang ini tidak positif jangan sampai salah, ini yang kami sisir yang mungkin mengalami gejala-gejala mirip Covid-19,” kata HMR, Kamis (26/3/2020).

Sekadar diketahui, tak bisa sembarangan mengecap seseorang positif Covid-19. Untuk bisa menentukan status orang dalam pengawasan (ODP) atau pasien dalam pengawasan (PDP) saja, harus melalui serangkaian prosedur, sesuai panduan Kementerian Kesehatan.

Kemudian terkait kelangkaan masker dan hand sanitizer di Batam, HMR menjelaskan bahwa keduanya masih dipesan. Mengingat permintaan dari daerah lain juga banyak, sehingga butuh waktu.

Namun dua hak tersebut hanya merupakan bagian dari upaya pencegahan. Jika tidak ada di lapangan maka masyarakat diimbau untuk selalu rajin selalu melakukan cuci tangan. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.