Pengusaha Bantu Rp2,5 M & 800 Rapid Test, HMR Rencanakan Test Massal

Kabar Baik dari Batam

Pengusaha Bantu Rp2,5 M & 800 Rapid Test, HMR Rencanakan Test Massal

2 min read
BERSATU LAWAN COVID-19

PENGUSAHA di Batam menyerahkan bantuan dana Rp2,5 miliar beserta 800 rapid tes untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Bantuan tersebut diserahkan langsung kepada Pemko Batam agar bisa segera digunakan untuk biaya pencegahan Covid-19.

Walikota Batam-Kepala BP Batam H Muhammad Rudi (HMR) mengatakan, bantuan tersebut bukan untuk Pemko Batam tapi untuk masyarakat yang diserahkan melalui Pemko Batam.

Dengan bantuan dari pelaku usaha diharapkan bisa membantu pemerintah dalam upaya pencegahan Covid-19 agar tidak meluas.

“Hari ini kami hadir ingin menerima bantuan tersebut, tentunya ada mekanisme yang harus kami ikuti. Jangan sampai nanti selesai penerimaan bantuan, Covid-19 hilang timbul permasalahan baru,” kata HMR di Dataran Engku Putri, Kamis (26/3/2020).

Ia menjelaskan bantuan uang akan digunakan untuk operasional di lapangan baik itu untuk tim kesehatan ataupun pihak keamanan. Karena selama ini pihaknya menurunkan tim untuk mengedukasi masyarakat agar tidak keluar rumah dan menjauhi keramaian.

Kemudian untuk 800 rapid tes akan segera digunakan untuk melakukan pengecekan masyarakat yang kemungkinan mengalami gejala mirip Covid-19. Jika nantinya diketahui positif maka akan langsung dilakukan perawatan dan jika tidak maka akan langsung dipulangkan.

“Alat yang dibantu kemarin ada yang belum lengkap, sehingga kami belum bisa menggunakan untuk tes. Apa yang telah kami sisir di lapangan,” jelasnya.

Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kepri, Eddy Hussy, mengatakan pihaknya akan terus berupaya membantu pemerintah melawan Covid-19. Selain rapid tes, pihaknya juga akan memberikan bantuan berupa alat pelindung diri (APD), hanya saja diperkirakan tiba di Batam sekitar dua pekan ke depan.

“Karena susah juga mencarinya, semua berebut saat ini. Kami sudah pesan mudah-mudahan dua pekan lagi tiba,” katanya.

Gerakan Donasi Lawan Covid-19 di Batam sebelumnya sudah menyerahkan sebanyak 500 APD yang diperkirakan masih cukup sampai dua pekan ke depan. Selain itu pihaknya juga akan membuat cuci tangan portabel lengkap dengan airmya di titik keramaian seperti pasar dan lainnya.

Sudah ada 10 titik yang sudah dibuatkan oleh pihaknya, dan rencananya akan ada penambahan 10 titik lagi, tak hanya di kawasan Batam Center saja tapi juga sampai wilayah-wilayah Batuaji.

“Sanitizer memang penting tapi cuci tangan juga efektif untuk mencegah Covid-19,” katanya.

Presiden Direktur Sat Nusapersada Abidin Hasibuan mengatakan bantuan tersebut merupakan donasi dari pelaku usaha dan masyarakat yang ada di Batam. Pihaknya sadar bahwa kondisi saat ini harus bersama-sama melawan Covid-19.

“Yang penting semua barang yang dibeli ada hitam di atas putih, supaya kami juga bisa pertanggungjawaban kepada para donasi,” kata Abidin. ***
_______
Sumber: Koran Sindo Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.