Putus Risiko Covid-19, Usaha Kuliner Diimbau Buka Fasilitas Pesan Antar

Kabar Baik dari Batam

Putus Risiko Covid-19, Usaha Kuliner Diimbau Buka Fasilitas Pesan Antar

2 min read

 

MEMESAN makanan sekarang ini sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Apalagi di tengah mewabahnya virus corona baru atau Covid-19.

Kabar baiknya, sangat kecil menemukan Covid-19 pada makanan yang dipesan langsung atau secara online.

Hal ini diungkapkan oleh profesor keamanan pangan di Departemen Ilmu Pangan di Cornell University, New York, Martin Wiedmann.

“Risiko tertular virus corona melalui makanan telah terbukti sangat kecil,” jelas Profesor Wiedmann seperti yang dikutip dari New York Post, 13 Maret 2020.

Di Batam sendiri, Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) juga sudah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada pelaku usaha restoran atau rumah makan, penyelenggara usaha makanan dan minuman, serta pelaku usaha catering dan sejenisnya.

Intinya, pemilik usaha kuliner selalu menjaga kelayakan konsumsi (higienis) dan mengutamakan pelayanan bawa pulang atau tidak makan di tempat.

โ€œKita imbau pelaku usaha restoran atau rumah makan ini lebih mengedepankan pelayanan untuk dibawa pulang seperti nasi bungkus,โ€ kata Amsakar di Dataran Engku Putri Batam Centre, Kamis (26/3/2020).

Tapi apabila tetap membuka pelayanan makan di tempat, pelaku usaha diminta untuk mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Hal ini senada dengan isi poin kedua surat edaran tersebut.

Bunyi poin keduanya: Guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 seperti pemeriksaan suhu badan bagi pengunjung, menyediakan antiseptik pembersih tangan (hand sanitizer), serta menjaga jarak diri (physical distancing) antara pelayan dan pengunjung maupun jarak antara pengunjung dengan pengunjung.

Pelaku usaha juga diminta menyediakan termometer dahi tanpa kontak (non contact forehead thermometer) pada tempat kerja masing-masing. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk memeriksa setiap pegawai atau pengunjung.

Apabila selama kegiatan memeriksa dengan termometer terdapat karyawan/tamu/pengunjung memiliki suhu tubuh di atas 38ยฐC agar segera melapor ke gugus tugas penangulangan COVID-19 tingkat Kota Batam dengan kontak 112. Atau melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke unit kesehatan terdekat.

Sedangkan di poin terakhir, pemerintah mengimbau untuk sementara waktu menghindari bersalaman atau bersentuhan. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ Katabatam.com | Newsphere by AF themes.