Terus Bertambah, Donasi Gerakan Lawan Covid-19 di Batam Tembus Rp18,1 Miliar

Kabar Baik dari Batam

Terus Bertambah, Donasi Gerakan Lawan Covid-19 di Batam Tembus Rp18,1 Miliar

2 min read
GERAKAN donasi yang dinisiasi Apindo Kepri dan PSMTI Kepri terus bertambah. Hingga Minggu (5/4), total donasi sudah terkumpul Rp18.116.998.000. Dana itu untuk membantu Pemerintah Kota Batam menangani wabah corona atau Covid-19.

Dana sumbangan itu diperoleh dari masyarakat sejak donasi dibuka 18 Maret 2020 lalu. Hingga Minggu (5/4/2020) tercatat ada 379 donatur dari berbagai kalangan termasuk perusahaan. Jumlah donasi akan terus bertambah karena donasi masih dibuka.

Sumbangan bisa disalurkan melalui rekening a.n Donasi Covid-19 Batam, dengan nomor rekening BNI 12-9991 2882.

Penggalangan dana diinisiasi oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kepri dan Batam, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kepri dan Yayasan Buddha Tzu Chi Batam.

Gerakan ini telah menyalurkan bantuan dari donasi itu. Pada 26 Maret 2020, perwakilan gerakan itu menyerahkan dana sumbangan sebesar Rp2,5 miliar dan 800 rapid tes Covid-19 kepada Wali Kota Batam Muhammad Rudi.

Sebelumnya Gerakan Donasi Lawan Covid-19 di Batam ini juga sudah menyerahkan sebanyak 500 APD kepada pemko Batam. Mereka juga akan membuat cuci tangan portabel.

Dari donasi ini, dana akan digunakan untuk mendatangkan peralatan medis untuk penanganan dan pencegahan korona di Batam. Alat itu antara lain Sar-COV 2 Strep sebanyak 500 pieces, Rapid Test sebanyak 1.000 pieces, APD 500 pieces, dan N-Cov test sebanyak 1.000 pieces.

Hal terpenting pengusaha yang ada di Batam ini juga akan menghadirkan mesin polymerase chain reaction ( PCR), mesin pendeteksi COVID-19 untuk Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam.

Presiden Direktur PT Sat Nusapersada dan Ketua Dewan Pertimbangan/Kehormatan Apindo Kepri, Abidin Hasibuan mengatakan pihaknya terus mengajak pengusaha di Batam untuk sama-sama membantu pemerintah melawan Covid-19.

Covid-19 merupakan bencana nasional. Karena itu ia mengajak para pelaku usaha untuk turut membantu pemerintah bagaimana mencegah virus tersebut tidak menyebar ke Batam.

Dibutuhkan kerjasama semua pihak untuk mengatasi bencana yang terjadi di hampir semua negara tersebut,

“Kami sudah komitmen bersama untuk bersatu melawan Covid-19. Saya harap masyarakat bisa mengikuti imbauan dari pemerintah,” katanya.

Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) menjelaskan bantuan dana akan digunakan untuk operasional di lapangan baik itu untuk tim kesehatan ataupun pihak keamanan. Karena selama ini pihaknya menurunkan tim untuk mengedukasi masyarakat agar tidak keluar rumah dan menjauhi keramaian.

“Dengan bantuan dari pelaku usaha diharapkan bisa membantu pemerintah dalam upaya pencegahan Covid-19 agar tidak meluas,” ujar dia. ***
______
Sumber: Koran Sindo Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *