Video Conference dengan HMR: Temasek Foundation Bantu Alat Sanitasi

Kabar Baik dari Batam

Video Conference dengan HMR: Temasek Foundation Bantu Alat Sanitasi

2 min read

WALIKOTA Batam/Kepala Badan Pengusahaan Batam H Muhammad Rudi saat video conference di koridor Gedung Pemko Batam, Batam Center.

TEMASEK Foundation memberi bantuan alat sanitasi untuk percepat penanganan Covid-19 di Batam.

Kabar gembira ini disampaikan Dubes RI untuk Singapura, HE Ngurah Swajaya kepada Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) melalui video conference, Selasa (7/4/2020), pukul 09.00 WIB.

Bantuan tersebut berupa 35 intermediate bulk container, 350 drum trolley, 350 drum kapasitas 100 liter, 400 hand pump, 425 botol 2100LF concentrate, dan 350 water dispenser berukuran 10 liter.

Barang-barang tersebut diserahkan melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Singapura, di Singapura.

“Terima kasih atas bantuannya. Mudah-mudahan bisa kami terima dengan cepat. Kalau perlu, mungkin tak hanya Kota Batam, tapi akan kita berikan juga ke Karimun. Karena Karimun ikut menjadi lokasi transit TKI (tenaga kerja Indonesia),” balas HMR dalam video conference tersebut.

Kepala Badan Pengusahaan Batam tersebut menjelaskan, saat ini jumlah penduduk Batam berjumlah 1,3 juta jiwa.

HMR juga mengungkap, banyak warga negara Indonesia dari Singapura dan Malaysia yang transit atau melewati Batam sebelum menuju kampung halamannya di daerah lain.

Dia pun sempat menyinggung pemulangan warga Indonesia dari Malaysia yang terjadi akhir-akhir ini, setelah negeri Jiran itu melakukan lock down terkait Covid-19.

“Sampai hari ini pemulangan warga Indonesia dari Malaysia saja mencapai 60 ribuan. Dan yang akan kembali 2-3 ratus ribu jiwa lagi. Semua akan bermuara di Batam,” jelasnya.

Untuk itu, suami Hj Marlin Agustina ini mengajak untuk bersama menyelesaikan hal tersebut.

“Tugas kita untuk menyelesaikan seluruh saudara kita yang akan transit. Ada yang tinggal, ada yang langsung kembali. Butuh penanganan khusus dan bantuan yang cukup besar,” ujarnya.

Terkait Covid-19, Pemerintah Kota Batam sangat berharap pandemik ini segera berlalu. Baik di Batam, Indonesia umumnya, maupun Singapura, dan Malaysia.

“Kalau Singapura selesai, Batam juga kita harap selesai, dan ekonomi bisa bangkit kembali,” kata dia.

HMR juga berharap bantuan yang diberikan tidak berhenti sampai di sini. Karena Batam diakuinya masih membutuhkan banyak sekali bantuan untuk penanganan Covid-19 ini.

“Mudah-mudahan bantuan akan berkelanjutan. Sehingga proses penanganan Covid-19 bisa cepat diselesaikan. Sehingga kita bisa merasakan kembali kondisi yang kita nikmati sebelumnya,” harapnya.

Selain HMR, Duta Besar RI di Singapura, perwakilan Temasek Foundation dan Sinar Mas, video conference tersebut juga diikuti Atase Pertahanan RI – Singapura Kol PNB Benny Arfan, dan perwakilan Tuan Sing Holding. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.