Gak Ada itu Lokdan-lokdon, yang Ada PSBB

Kabar Baik dari Batam

Gak Ada itu Lokdan-lokdon, yang Ada PSBB

2 min read

DKI Jakarta menjadi daerah pertama yang akan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Indonesia, 10 April 2020. PSBB ini sebagai upaya membatasi mobilitas sosial untuk melindungi masyarakat dari penularan Covid-19.

Kepala Bidang Media dan Opini Publik Kementerian Kesehatan Busroni menggariskan bahwa status PSBB harus dijalankan dengan humanis karena nomor satu adalah menyelamatkan manusia.

“Tetap fokus pada nyawa manusia, itu saja. Jadi semua itu tidak ada maknanya ketika kita tidak bisa menyelamatkan manusia, dalam hal ini penduduk, pesannya itu. Nomor satu adalah masyarakat diselamatkan,” katanya.

Sebelumnya Presiden Joko widodo telah meneken Keputusan Presiden (Keppres) terkait PSBB. Sesuai Undang-Undang Nomor 6/2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, status ini ditetapkan oleh Menteri Kesehatan yang berkoordinasi dengan Kepala Gugus Tugas Covid-19 dan kepala daerah.

Batam termasuk yang juga sedang bersiap hendak menerapkan PSBB. Pemko Batam dan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Batam sedang mempersiapkan banyak hal, termasuk ketersediaan dana dan sembako.

Berdasar aturan pelaksanaan PSBB, ada sejumlah kegiatan yang dilarang. Seperti kegiatan proses belajar mengajar di sekolah, perusahaan atau instansi dilarang mempekerjakan pegawainya di kantor kecuali instansi dan bidang tertentu, tempat ibadah dilarang dibuka untuk umum.

Kegiatan sosial budaya yang melibatkan orang banyak juga dilarang, moda transportasi publik dilarang mengangkut jumlah penumpang dengan kapasitas penuh, kegiatan yang berkaitan dengan aspek pertahanan dan keamanan (hankam), kecuali kegiatan operasi militer atau kepolisian sebagai unsur utama dan pendukung.

Namun, ada juga sejumlah tempat kerja atau instansi yang bisa tetap buka di masa PSBB seperti yang kami cantumkan di grafis.

Misalnya, kantor pemerintah di tingkat pusat dan daerah, badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah, dan perusahaan publik tertentu. Perusahaan komersial dan swasta yang berhubungan dengan bahan dan barang pangan atau kebutuhan pokok serta barang penting, dan lainnya (lihat grafis). ***
__________
Sumber: kompas.com dan media centre kota batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *