Siapkan Hp, Begini Cara Belanja Online di “Pasar Mama” Agar Warga Tetap di Rumah

Kabar Baik dari Batam

Siapkan Hp, Begini Cara Belanja Online di “Pasar Mama” Agar Warga Tetap di Rumah

2 min read

PEMKO Batam membuka layanan belanja kebutuhan pokok yang dapat dilakukan secara daring (online) oleh masyarakat selama masa Covid-19. Namanya “Pasar Mama”. Bagaimana cara belanja via aplikasi ini?

Bagi yang terbiasa berselancar di dunia maya, belanja di “Pasar Mama” tentu sangat mudah. Seperti aplikasi umumnya, konsumen diminta untuk membuat akun terlebih dulu dengan mengisi data lengkap berupa email, alamat pengantaran, dan nomor Whatsapp.

Kemudian pembeli bisa login dan mulai berbelanja. Pilih barang yang mau dibeli, tentukan jumlahnya sesuai satuan yang tersedia, selanjutnya masukkan ke keranjang.

“Jumlah nilai belanja minimal Rp20 ribu untuk satu kali pemesanan. Pembayaran bisa melalui inline payment debit, kartu kredit, atau Gopay. Untuk pengantaran kita bekerja sama dengan Gojek,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam Gustian Riau.

Adapun jadwal pemesanan dan pengantaran barang dibagi menjadi tiga sesi.

* Sesi pertama pukul 06.00-09.00, diantar pukul 09.01-11.00 atau lebih cepat.

* Sesi kedua, pukul 09.01-12.00 diantar pukul 11.01-13.00 atau lebih cepat.

* PSesi ketiga, pukul 12.01-06.00 hari berikutnya, diantar pukul 07.00-09.00 atau lebih cepat.

Cara pengantaran order dibuka setiap hari Senin sampai Minggu mulai pukul 06.00 sampai 24.00.

“Adapun masa tunggu verifikasi pembayaran terhadap order yang sudah dipesan selama 15 menit, dan terbatalkan secara otomatis dari sistem bila tidak melakukan pembayaran serta disarankan melakukan order ulang,” terangnya.

Konsumen juga dapat memantau belanjaannya mulai dari pemesanan barang, status pembayaran, dan sampai status pengiriman melalui notifikasi email atau Whatsapp.

Perlu diperhatikan bahwa harga sewaktu-waktu dapat berubah mengikuti harga pasaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Gustian melanjutkan, “Pasar Mama” buah kerjasama antara distributor, perusahaan aplikasi ojek daring, dan Pasar TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) Kota Batam ini akan diluncurkan secara resmi Kamis (16/4/2020) mendatang.

“Masyarakat dapat mengunduh aplikasi ini di telepon pintar berbasis Android maupun iOS. Nantinya aplikasi akan hadir di PlayStore dan AppStore,” pungkasnya. ***
________
Sumber: Media Center Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *