Covid-19, Periksa Gigi Tak Dianjurkan, karena itu Jagalah Gigi, Jangan Kau Kotori

Kabar Baik dari Batam

Covid-19, Periksa Gigi Tak Dianjurkan, karena itu Jagalah Gigi, Jangan Kau Kotori

2 min read

“Daripada sakit hati
Lebih baik sakit gigi ini
Biar tak mengapa…”

Demikian penggalan lirik lagu “Lebih Baik Sakit Gigi” yang populer dinyanyikan Meggy Z pada di tahun 1990-an itu.

Namun, sakit gigi tetap saja menyiksa. Apalagi di era pandemik Covid-19 ini. Dimana banyak klinik tutup untuk menghindari penularan droplets dari pasien. Terus bagaimana dong?

Agar gigi tidak sakit, ada baiknya Anda ikut menjaga kesehatan gigi. Tujuannya agar tidak mengalami masalah gigi yang berakhir pada kunjungan ke dokter.

Nah dalam menjaga kesehatan gigi di rumah, dokter gigi sekaligus dosen di Universitas Airlangga Surabaya, Markus Budi Rahardjo pun membagikan tipsnya.

Pertama, ia mengimbau agar setiap orang selalu menyikat gigi usai mengkonsumsi makanan. Misalnya setelah makan pagi, siang maupun malam.

“Tujuan sikat gigi setelah makan itu adalah agar tidak meninggalkan sisa makanan yang menyebabkan demineralisasi sehingga gigi gampang keropos dan berlubang. Jadi kalau makannya tiga kali, ya sikat gigi setelahnya juga tiga kali,” katanya saat dihubungi Tempo.co pada Minggu, 22 Maret 2020.

Pria yang akrab disapa Budi itu juga mengajak masyarakat untuk menggunakan gigi sebagaimana fungsinya. Itu berarti, gigi hanya dipakai untuk memecah makanan dan bukan hal lainnya.

“Jangan untuk menggigit kuku, membuka tutup botol, menggigit cangkang kepiting atau benda-benda keras lainnya. Itu membuat gigi rusak,” katanya.

Terakhir, Budi juga menyarankan agar masyarakat memilih-milih makanan yang akan dikonsumsi. Saat di rumah misalnya, kebiasaan untuk memakan cemilan akan sangat tinggi. Ia pun meminta agar menghindari makanan dengan sifat karbohidrat yang menempel.

“Jangan jajan-jajan seperti cokelat atau gula. Bagusnya itu yang berserat saja seperti kacang-kacangan dan oatmeal,” katanya. ***
_______
Sumber: Tempo.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *