Waspada Hoax, Inilah Isi Bantuan Sembako Tahap 1 untuk Warga Terdampak Covid-19

Kabar Baik dari Batam

Waspada Hoax, Inilah Isi Bantuan Sembako Tahap 1 untuk Warga Terdampak Covid-19

2 min read

PEMERINTAH Kota Batam mulai mendistribusikan bahan pangan pokok untuk meringankan beban ekonomi warga terdampak virus Corona atau Covid-19.

Pembagian ke warga dilakukan oleh pihak kelurahan. Untuk hari pertama dilaksanakan kemarin, Sabtu (18/4/2020) di Kecamatan Lubukbaja. Sedangkan hari kedua, Minggu (19/4/2020) di Kecamatan Sagulung.

Secara teknis, penyerahan sembako diserahkan oleh RT ke masyarakat dengan memperhatikan Protokol WHO terkait jaga jarak atau physical distancing.

Jadi jika ada pembagian sembako tidak memperhatikan Protokol Covid-19 dipastikan itu bukan dari Pemko Batam dan pihak berwajib (TNI Polri dan Satpol PP) akan membubarkan.

Paket sembako tahap pertama ini disiapkan Pemko Batam melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dengan isi komoditi:

¤ Beras 5 kilogram
¤ Gula pasir 1 kilogram
¤ Minyak goreng 2 liter
Dengan harga per paket Rp97.650.

Sebelumnya Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) menjelaskan bantuan sembako tahap pertama yang didistribusikan ini ada 260 ribu paket.

Ia mengatakan pembagian sembako tahap pertama ini berasal dari anggaran Pemerintah Kota Batam sebanyak 192 ribu paket. Selebihnya, 68 ribu paket, merupakan bantuan dari para pengusaha.

Karena itu ada sedikit perbedaan dari isi paketnya. Ada yang mendapat 5 kg beras, 2 liter minyak goreng, dan 1 kilogram gula. Khusus dari pengusaha berisi 5 kg beras, 2 liter minyak goreng, dan susu kental manis.

“Susu kental manis ini karena susah untuk mendapatkan gula. Tapi mohon jangan dipermasalahkan, itu sama nilainya,” pesan HMR.

Setelah tahap pertama nanti, rencananya pemerintah akan kembali menggelontorkan bantuan sembako pada awal Mei mendatang.

Kepala Badan Pengusahaan Batam ini akui tidak semua warga akan mendapat bantuan ini karena keterbatasan anggaran pemerintah.

Dari total 415 ribu kepala keluarga, pemerintah hanya bisa membantu 260 ribu paket sembako.

Oleh karena itu ada kriteria yang akan dibuat pemerintah dalam penyaluran sembako ini. Bagi warga yang dianggap masih mampu secara ekonomi, tak masuk dalam bantuan ini. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *