Bagai Malaikat tak Bersayap, Aksi Warga Batam Kota Bantu Keluarga Pasien Covid-19

Kabar Baik dari Batam

Bagai Malaikat tak Bersayap, Aksi Warga Batam Kota Bantu Keluarga Pasien Covid-19

2 min read

INDAHNYA kemanusiaan. Di kota Batam yang orang sebut makin individualistis ini, ternyata masih banyak yang berhati malaikat!

Inilah yang terjadi saat ini di sebuah perumahan di wilayah Kecamatan Batam Kota.

Saat tahu ada warga di isolasi di rumah sakit khusus karena positif terinfeksi Covid-19, warga di sebuah perumahan tersebut bersatu memberikan semangat luar biasa.

Semangat itu ditunjukkan tak hanya dalam bentuk ucapan atau kalimat, namun juga tindakan berupa menyediakan makanan atau bingkisan pada keluarga positif Covid-19 tersebut.

Sikap tenggang rasa antar-sesama warga ini bermula ketika seorang ibu rumah tangga di salah satu blok perumahan tersebut dijemput untuk diisolasi di rumah sakit khusus karena positif Covid-19.

Sementara suami dan anaknya harus menjalani karantina mandiri di rumah.
Meski hasil rapid test negatif, mereka masih menunggu hasil pemeriksaan selanjutnya (swab).

Hal ini membuat beberapa perangkat RT/RW serta tokoh masyarakat setempat, prihatin dan langsung berembuk untuk melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk membantu.

“Untuk itu mari kita support dan berdoa supaya keluarga bersangkutan tetap semangat dan hasilnya tatap negatif,” usul salah seorang warga kala itu.

Bagai gelombang, warga pun bergerak serentak membantu. Mereka pun berkoordinasi dengan pihak keluarga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tujuannya agar pihak keluarga positif Covid-19 tidak keluar rumah selama karantina. Sehingga mereka bisa lekas pulih. Selain itu, tak menambah beban pikiran sang istri yang diisolasi nun jauh di sana.

Hingga saat ini, warga bahu membahu membantu, dan menyumbang semampunya. Urusan masak makanan, menjadi tanggung jawab ibu-ibu PKK setempat.

Selain makanan, ada juga yang membantu menyediakan alat mandi dan kebutuhan rumah tangga lain. Bahkan ada yang mengirimkan buah-buahan, vitamin, hingga minuman. Kompak luar biasa.

Yang mengharukan, setiap kali ada kunjungan warga ke rumah yang bersangkutan, oleh sang suami difoto lalu dikirim via WhatsApp ke istrinya.

Sikap tersebut bisa menjadi sugesti bagi sang istri, sehingga pelan-pelan memulihkan semangatnya untuk sembuh. Indah luar biasa.

Rupanya semangat saling asah asih dan asuh ini sampai ke telinga Camat Batam Kota Aditya Guntur Nugraha.

Senin (20/4/2020) malam, pihak kecamatan sudah berkunjung ke perumahan tersebut untuk melihat langsung praktik yang katanya mulai langka di tengah kota yang kosmopolitan ini.

*** ***
Khalifah Ali bin Abi Thalib pernah ditanya, “Berapa orangkah sahabat sejatimu?” Ia menjawab, “Aku tidak tahu”.

Sepupu Rasulullah ini menjelaskan bagaimana kita bisa membedakan yang mana yang bisa disebut sahabat sejati.

“Tungguhlah nanti ketika aku sedang kesulitan, lalu lihatlah berapa orang yang masih setia membersamaku. Itulah sahabat sejatiku,” tutupnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.