Tanda Waqaf dalam Alquran dan Artinya, Muslim Wajib Tahu

Kabar Baik dari Batam

Tanda Waqaf dalam Alquran dan Artinya, Muslim Wajib Tahu

1 min read
previous arrow
next arrow
Slider

 

DI BULAN Ramadan ini, banyak kaum Muslimin yang melakukan tadarus Alquran. Agar ibadah ini kian khusyuk, ada baiknya memahami waqaf dan wasal sebagaimana tampak dalam foto yang kami share ini.

Dalam membaca Alquran, terdapat aturan-aturan yang harus diataati supaya ibadah tersebut bisa berpahala sempurna.

Di antaranya adalah menjaga adab-adabnya, menggunakan hukum tajwid yang benar, membacanya dengan tartil, waqaf pada kalimat yang tepat serta masih banyak lainnya.

Berbicara tentang waqaf kalau ditinjau dari segi bahasa waqaf (وقف) bermakna menahan atau berhenti.

Maksud dari wakaf dari sudut bahasa adalah manakala dari sudut istilah tajwid ialah menghentikan bacaan sejenak dengan memutuskan suara di akhir perkataan untuk bernapas dengan niat ingin menyambungkan kembali bacaan.

Sedangkan dari segi istilah bermakna menghentikan sejenak bacaan Alquran dengan tujuan untuk bernafas disertai niat untuk kembali melanjutkan bacaan.

Selain waqaf, terdapat juga wasal. Wasal berarti terus dibaca atau bersambung. Membaca Alquran dengan wasal artinya jika ada tanda baca wasal, cara membacanya diteruskan atau disambung dengan kalimat berikutnya. Tanda waqaf dan wasal ini sering disebut dengan nama tanda-tanda waqaf.

Bagi kamu yang belum paham tentang tanda waqaf dalam alquran dan artinya, berikut Liputan6.com rangkum tanda waqaf dalam alquran dan artinya yang harus kamu pahami biar bacaan Alquran-mu semakin baik dan benar. ***
_________
Sumber: Liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *