HMR: Sembako Gratis Bukan untuk ASN!

Kabar Baik dari Batam

HMR: Sembako Gratis Bukan untuk ASN!

2 min read

PEMERINTAH Kota Batam menggelontorkan 192.000 paket sembako gratis untuk meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19.

Sembako yang dibagikan di tahap pertama ini sejatinya adalah program sembako bersubsidi di Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Namun atas kebijakan Walikota Batam H Muhamamad Rudi (HMR), sembako bersubsidi tersebut diubah menjadi sembako gratis.

Dalam pendistribusiannya, Pemerintah Kota Batam melalui camat dan lurah dibantu unsur pimpinan kecamatan (uspika), RT/RW, beserta tokoh masyarakat. Mulai dari pendataan, verifikasi, sampai penyaluran ke rumah-rumah warga.

Walikota dalam arahannya telah menegaskan bahwa bantuan ini diperuntukkan bagi warga kurang mampu dan masyarakat yang terdampak Covid-19.

Termasuk para pekerja yang dirumahkan sementara akibat perusahaannya tak beroperasi. Dan pekerja harian yang berkurang atau bahkan hilang pendapatannya akibat kebijakan social distancing.

Dari sekitar 415 ribu kepala keluarga di Batam, terdata sekitar 260 ribu kepala keluarga yang terdampak.

Karena itu tak semua kepala keluarga menerima bantuan sembako ini. Di antara yang tak menerima bantuan adalah aparatur sipil negara (ASN), pejabat, pengusaha besar.

“Pak Wali sudah menegaskan bahwa tidak boleh ada ASN yang menerima bantuan sembako ini. Karena ASN dianggap masih mampu,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Batam, Azril Apriansyah, Kamis (29/4/2020).

Terkait informasi yang mengatakan ada ASN menerima bantuan sembako, Azril mengaku sudah menelusuri hal tersebut.

Berdasarkan informasi dari kecamatan, memang ada ASN yang mendapatkan sembako saat pendistribusian.

Namun ASN tersebut langsung mengembalikan ke tim untuk diberikan ke warga lain yang lebih berhak.

“Seperti yang pernah Pak Wali sampaikan juga di beberapa kesempatan, dalam pendistribusian ini pasti ada ketidaksempurnaan. Kesalahan seperti ini mungkin saja terjadi. Tapi perlu diketahui, ASN sudah sangat mengerti arahan pimpinan. Begitu menerima, mereka langsung mengembalikan,” ujarnya.

Azril mengatakan hal ini akan menjadi bahan evaluasi dalam pengumpulan data dan verifikasi ke depan. Segingga pendistribusian sembako kepada warga terdampak lebih tepat sasaran.

“Awal Mei nanti akan ada pembagian sembako tahap II. Tentu tim akan memverifikasi kembali penerima bantuan selanjutnya,” kata dia. ***
_________
Sumber: Media Center Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.