Begini Alur Pembagian Sembako Tahap II dari Pemko Batam, Masyarakat Perlu Tahu

Kabar Baik dari Batam

Begini Alur Pembagian Sembako Tahap II dari Pemko Batam, Masyarakat Perlu Tahu

1 min read

PEMERINTAH Kota (Pemko) Batam mulai mendistribusikan bantuan bahan pokok tahap kedua kepada warga terdampak Covid-19, Senin (11/5/2020).

Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin menjelaskan, jumlah bahan pokok yang akan didistribusikan se-Kota Batam sebanyak 284.223 paket.

Pendistribusian akan dilakukan secara berjenjang. Mulai dari distributor ke kecamatan, lalu dari kecamatan ke kelurahan. Selanjutnya dibagikan ke RT untuk diserahkan ke warganya masing-masing sesuai daftar nama penerima.

Bagan atau alur distribusinya seperti ini:

Bermula dari gudang penyedia, kemudian sembako diangkut ke titik distribusi atau di kantor kelurahan.

Di sinilah kemudian dilakukan berita acara serah terima (BAST) yang ditandatangani penyedia dan lurah. Adapun isi paket sembakonya adalah:

1. Beras kemasan 10 kg
2. Minyak goreng 3 liter
3. Mie instan 1 kardus

Dari titik distribusi di kantor lurah atau tempat yang ditentukan inilah, sembako dijemput oleh RT atau perangkatnya. Di sini ketua RT harus menandatangani berita acara serah terima (Bast) bersama lurah.

Jumlah paket sembako harus sesuai daftar nama penerima di masing masing RT sesuai SK Walikota Batam yang ditandatangani Camat atas nama Walikota.

Setelah semua sesuai, pihak RT atau perangkatnya membawa sembako ke titik bagi di wilayahnya

Dari sinilah kemudian sembako diantar door to door oleh RT atau perangkatnya ke penerima atau masyarakat terdampak Covid-19, sesuai daftar tanda terima dari kelurahan.

Penyerahan pun harus disertai bukti tanda tangan oleh penerima. Kemudian disertai bukti dokumentasi, berupa foto penerima.

“Hal ini sebagai bukti bahwa bantuan tersebut benar-benar diterima oleh masyarakat sesuai nama, alamat dan nomor teleponnya,” jelas Jefridin. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *