Selamat Hari Buku Nasional, Selamat Membaca Buku

Kabar Baik dari Batam

Selamat Hari Buku Nasional, Selamat Membaca Buku

1 min read
SEKITAR 40 tahun lalu, tepatnya 17 Mei 1980 Indonesia meresmikan Perpustakaan Nasional, yang sejak 18 tahun lalu kita peringati sebagai Hari Buku Nasional.

Hari Buku Nasional merupakan sebuah perayaan untuk memperingati pentingnya budaya membaca. Momen ini perlu kita ingatkan setiap tahun untuk menumbuhkan budaya membaca dan menulis di kalangan masyarakat yang kian tahun kian rendah.

Survey UNESCO tahun 2011 menunjukkan indeks tingkat membaca masyarakat di Indonesia hanya sebesar 0,001 persen.

Artinya, dari 1.000 penduduk, hanya ada satu orang saja yang memiliki keinginan untuk membaca buku.

Sementara pada hasil penelitian Programme for International Student Assessment (PISA), disebutkan bahwa budaya literasi masyarakat Indonesia berada di urutan ke 64 dari 65 negara yang diteliti.

Itu sebabnya, ajakan untuk membudayakan membaca buku itu penting. Apalagi di era sekarang ketika begitu mudahnya seseorang menyiarkan berita tanpa menyaring kebenarannya, maka membaca adalah sebuah kebutuhan.

Buku adalah jendela dunia, dan saat kita diimbau banyak di rumah karena pandemi Covid-19, kita baiknya banyak membaca buku. Membuka banyak jendela dunia. Biar tubuh kita di rumah, pikiran kita berkelana keliling dunia.

Selamat Hari Buku Nasional dan selamat membaca buku. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *