HAM Sedih Mendengar Permintaan Pekerja Migran Agar Diperbolehkan Pulang Kampung

Kabar Baik dari Batam

HAM Sedih Mendengar Permintaan Pekerja Migran Agar Diperbolehkan Pulang Kampung

2 min read

WAKIL Walikota Batam H Amsakar Achmad (kanan) saat menemui mereka di Rusunawa.

“Tolong kami pak, kapan kami bisa pulang kampung? Lama gak kami di sini? Kalau bisa bantu kami sebelum Lebaran bisa pulang pak…”

Begitulah jeritan dan harapan 283 pekerja migran Indonesia yang baru dideportasi dari Malaysia, kepada Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad (HAM) yang datang menemui mereka di Rumah Susun Sewa Pemko Batam Tanjunguncang, Kamis (21/5/2020) sekitar pukul 11.00 sampai 12.00 WIB siang tadi.

Mendengar permintaan polos ini, HAM sejurus kemudian tampak trenyuh. Perasaan ini dia kemukakan di akun Facebook pribadinya.

“Saya sedih melihat saudara-saudara kita itu, dan ke depan tak boleh lagi ada anak bangsa yang penuh ketidakjelasan di negara orang seperti saudara-saudara kita itu,” tulisnya.

Namun, HAM menjelaskan, bahwa semua ada protokol yang harus dijalani. Jadi ia berharap PMI ini bersabar, dan patuhi aturan. “Sambil kita carikan jadwal tiket untuk pemulangan nanti,” pesannya.

Di atas semuanya HAM tetap harus berterima kasih kepada petugas medis yang telah bertungkus lumus sepenuh hati mengerjakan amanah profesinya.

Seperti diketahui, 293 PMI tersebut baru tiba di Batam dari Malaysia dan sesuai protokol kesehatan Covid-19, harus dikarantina selama 14 hari di Rusunawa Pemko Batam di Tanjunguncang, sambil menunggu hasil rapid diagnosis test-nya keluar.

Bila hasilnya positif mereka akan langsung dirujuk ke rumah sakit darurat di Galang. Bila tidak, maka akan dipulangkan.

Hal inilah yang mendorong HAM meninjau langsung karantina tersebut untuk memastikan proses pelayanan kepada pahlawan devisa itu terlaksana dengan baik.

Berdasarkan data, PMI yang dipulangkan dari Malaysia ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Sebagian besar dari Madura dan daerah di Jawa Timur. Sebagian lainnya berasal dari Jawa Barat. ***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.