Catatan Redaksi: Lawan Covid-19 di Kota Batam (4-Habis)

Kabar Baik dari Batam

Catatan Redaksi: Lawan Covid-19 di Kota Batam (4-Habis)

2 min read

Ketika Imbauan Diabaikan, Penambahan Pasien Tak Terelakkan

WALIKOTA Batam, yang juga sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam H Muhammad Rudi (HMR) kembali mengingatkan warga untuk mematuhi imbaun pemerintah.

Adapun, imbauan tersebut untuk menjaga jarak, rajin mencuci tangan, mengunakan masker dan tetap di rumah saja.

“Ini demi kebaikan kita semua,” kata dia.

Ia berharap warga mematuhi hal ini, termasuk tidak berada di kerumunan massa. Untuk menghindari itu, ia sebelumnya sudah memutuskan untuk tidak menggelar salat Idulfitri dan takbiran keliling pada tahun ini.

“Hal ini sudah berdasarkan pertimbangan semua pihak,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad (HAM), juga sudah mengedukasi masyarakat Batam untuk mengikuti anjuran pemerintah demi menekan penularan penyakit yang sedang mewabah ini.

Dengan masyarakat yang patuh, kata dia, pengendalian penyakit yang disebabkan virus corona ini akan dirasa lebih mudah.

“Kita tahu, masih ada warga kita yang menggelar salat tarawih berjemaah di masjid, padahal sudah kita anjurkan salat di rumah,” ujarnya, sembari mengingatkan hasil rapat bersama tokoh lintas agama, belum lama ini.

Ia menyayangkan hal itu masih saja terjadi. Tak heran jika kemudian ada tambahan kasus positif Covid-19 setelah sebelumnya, tidak ada pergerakan penambahan pasien positif di kota ini.

“Sejak angka pasien berjumlah 30 orang, hampir tiga pekan tidak ada pergerakan. Dan ini sangat bagus, bahkan 16 orang dinyatakan sembuh,” ujarnya.

Namun, tren situasi membaik itu sontak berubah. Ada penambahan baru pasien yang dinyatakan positif Covid-19.

“Berdasarkan keputusan tokoh lintas agama, kita beri pemahaman kepada pengurus masjid agar mengikuti anjuran pemerintah,” kata HAM.

Imbauan ini bukan berarti menolak kegiatan keagamaan. Yang menjadi catatan, ketika ada satu jemaah yang positif, maka semua jemaah langsung diamankan untuk dilaksanan pengecekan kesehatan.

“Pak Wali (Wali Kota Batam, Muhammad Rudi) sudah menginstruksikan masing-masing camat dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) menyampaikan imbauan itu lagi ke tempat ibadah,” kata dia. ***
________
Sumber: Media Center Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.