Embun Pagi Idulfitri

Kabar Baik dari Batam

Embun Pagi Idulfitri

1 min read

Hikmah Idulfitri yang pertama yang sangat menonjol dari momen lebaran ini adalah hikmah kegembiraan dan kesyukuran.

Hal ini memang dibenarkan bahkan disunnahkan untuk meyambutnya dengan bergembira, berbahagia, dan bersuka cita pada saat hari raya Idul Fitri tiba.

Saat menyambut Idulfitri, disunahkan bagi umat Islam untuk banyak mengumandangkan takbir, tahlil, tasbih, dan tahmid sebagai bentuk penegasan dan pembaharuan deklarasi iman dan tauhid.

Hikmah Idulfitri yang lainnya dikatakan bahwa dengan hadirnya Idulfitri berarti kaum muslimin kembali kepada fitrah, kembali kepada kesucian. Itu benar.

Karena jika benar-benar dioptimalkan, maka Ramadan dengan segala amaliah istimewanya adalah salah satu momentum terbaik bagi peleburan dosa dan penghapusan noda yang mengotori hati dan jiwa kita serta membebani diri kita selama ini.

Islam merupakan agama yang peduli. Oleh karenanya uamatnyapun adalah umat peduli. Dan sifat serta karakter kepedulian itu begitu tampak nyata dan terbukti secara mencolok selama bulan mulia yang baru saja berlalu. Inilah yang jua menjadi hikmah Idulfitri.

Sedangkan hikmah Idulfitri yang terakhir adalah hikmah kebersamaan dan persatuan.

Selama Ramadan, suasana dan nuansa kebersamaan serta persatuan umat begitu kental, begitu terasa dan begitu indah.

Mengawali puasa bersama-sama (seharusnya dan sewajibnya), bertarawih bersama (disamping jamaah shalat lima waktu juga lebih banyak selama Ramadhan), bertadarus bersama, berbuka bersama, beriโ€™tikaf bersama, berzakat fitrah bersama, dan beriedulfitri bersama (semestinya!). ***
________
Sumber: liputan6

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ Katabatam.com | Newsphere by AF themes.