Banyak Anak-anak Positif Covid-19, Mohon Orang Tua Lebih Waspada

Kabar Baik dari Batam

Banyak Anak-anak Positif Covid-19, Mohon Orang Tua Lebih Waspada

2 min read

YANG pernah bilang bahwa anak-anak relatif kebal terhadap Covid-19 karena punya sistem imun yang bagus, aktif bergerak dan bla bla bla… Anggapan itu salah besar.

Pasalnya beberapa kasus terbaru justru korbannya banyak anak dan remaja. Bahkan ada di antaranya yang meninggal dunia.

Yang paling baru dapat dilihat dari data yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, Rabu (27/5/2020) kemarin.

Seorang anak perempuan usia 1,3 tahun, warga Kampung Seraya, Kelurahan Seraya, Kecamatan Batuampar, terpapar dan menempati kasus baru Covid-19 nomor 98 Kota Batam.

Yang bersangkutan pada tanggal 22 Mei 2020 oleh ibu kandungnya dibawa berobat kesalah satu rumah sakit swasta di dekat tempat tinggalnya dengan gejala demam yang disertai kejang dan mencret sejak satu harimsebelumnya.

Berdasarkan kondisinya tersebut kemudian dilakukan perawatan di ruang isolasi rumah sakit dan pada pagi harinya tanggal 23 Mei 2020, terlihat kondisi yang bersangkutan
semakin memburuk dengan timbulnya kejang dan kesadarannya menurun.

Oleh dokter dilakukan upaya penanganan secara optimal dengan melakukan tindakan RJP.

Namun pada pukul 08.40 WIB yang bersangkutan dinyatakan meninggal dunia dan selanjutnya dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan kesimpulan terkonfirmasi positif.

Beberapa hari sebelumnya, Selasa (26/5/2020) petang, suasana haru-biru menyelimuti salah satu rumah di Batubesar, Kecamatan Nongsa.

Seorang bacoh perempuan berusia 8 tahun dijemput dari rumahnya oleh petugas medis berpakaian lengkap penanganan pasien Covid 19.

Bocah perempuan yang masih polos itu hanya melihat dan terdiam saat petugas medis itu mendekatinya dan mulai memeriksa kesehatannya.

Tampak berkaca-kaca matanya, mimik wajahnya pun berubah muram.

Tak kuasa ia membendung tangisnya, begitu juga dengan ibunya serta kerabat yang ikut mengantarkannya hingga ke pintu ambulan.

Bocah itu diduga kuat tertular corona covid 19 dari ayahnya yang sejak Rabu (20/5/2020) telah dinyatakan positif corona dan dirawat di RSKI atau RS khusus Corona Galang.

Berbeda dengan ayahnya, bocah ini dirawat di RSBP Batam Sekupang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Dr Didi Kusmarjadi SPOg mengatakan, sejak ayahnya dinyatakan positif corona, Tim Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Covid 19 Batam telah mengambil swab terhadap 8 orang dari keluarga tersebut.

โ€œDari 8 orang itu, satu yang positif corona,โ€ sebutnya.

Hal yang paling penting diingat dari belasan kasus baru ini adalah, umumnya pasien dalam keadaan tanpa gejala.

Maka dari itu waspadalah. Jangan sesekali abaikan imbauan pemerintah: pakai masker dan jaga jarak. ***
_______
Dilengkapi sumber: Batamclick

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ Katabatam.com | Newsphere by AF themes.