Jumatan Perdana Khusyuk dan Tertib

Kabar Baik dari Batam

Jumatan Perdana Khusyuk dan Tertib

2 min read

SALAT Jumat di masjid Agung Batam

ALHAMDULILLAH, salat Jumat berjamaah hari ini (29/5/2020) berjalan lancar. Para jamaah pun tampak disiplin melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 sebagaimana yang telah ditetapkan Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

Sebagaimana pantauan kami di dua masjid yang menjadi ikon Kota Batam, yakni Masjid Agung Batam, di Batam Center dan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, di Batuaji, salat Jumat perdana menjelang new normal ini berlangsung khusyuk.

Pengurus masjid pun, baik di Masjid Agung dan Masjid Sultan, sudah mengatur sebaik mungkin agar para jamaah mengikuti protokol kesehatan yang ada.

Mulai dari mengatur jarak shaf salat, jarak tempat wudhu, pemeriksaan suhu tubuh jamaah dan protokol kesehatan lainnya.

Petugas masjid pun tampak aktif memeriksa para jamaah guna memastikan sama-sama melaksanakan imbauan tersebut.

Termasuk juga saat masuk dan ke luar masjid, agar tertib dan tidak berdesakan serta o tetap menjaga jarak antara jamaah satu dengan jamaah lainnya.

โ€œPada intinya mari bersama-sama kita melaksanakan protokol kesehatan demi kebaikan bersama,โ€ ujar Ketua Pengurus Masjid Agung Batam Center, Firmansyah.

Sebelumnya Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR), menginzinkan seluruh kegiatan di rumah ibadah khususnya untuk di masjid dan musala.

Tak hanya kegiatan salat berjamaah tapi kegiatan lainnya seperti pengajian, baca Yaasin dan kegiatan keagamaan lainnya.

โ€œKita akan izinkan semua kegiatan keagamaan di rumah ibadah, yang penting protokol kesehatan harus dijalankan,โ€ jelasnya.

Karena itu dibutuhkan surat pernyataan dari setiap pengurus masjid atau dewan masjid dengan pengetahuan perangkat RT/RW.

Hal itu sebagai salah satu bentuk tanggungjawab jawab bersama bahwa protokol kesehatan bisa dijalankan saat melaksanakan kegiatan keagamaan di rumah ibadah.

HMR juga menegaskan surat pernyataan tersebut tak hanya untuk pengurus rumah ibadah saja, tapi juga berlaku bagi pengelola mal dan pusat keramaian lainnya.

Kebijakan tersebut harus dilaksanakan tidak lain adalah untuk kebaikan bersama mencegah penyebaran corona virus disease (Covid-19) di Kota Batam. ***
_________
Dilengkapi Sumber: Batamclick

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *