Batam Siap Menangkan Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif & Aman Covid-19

Kabar Baik dari Batam

Batam Siap Menangkan Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif & Aman Covid-19

2 min read

PEMERINTAH Kota (Pemko) Batam siap mengikuti lomba inovasi dengan tema “Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19” yang digelar Kementerian Dalam Negeri.

“Pak Wali berharap, Batam bisa menjuarai ajang bergengsi tingkat nasional ini,” ujar Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, usai memimpin rapat bersama Asisten Setdako dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah untuk membahas teknis lomba ini, Selasa (2/6/2020) pagi, sebagaimana arahan Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR).

Kemendagri memang mewajibkan seluruh pemerintah daerah baik Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Indonesia untuk mengikuti lomba ini.

Dalam lomba ini, peserta diminta membuat video simulasi riil new normal life
di tempat objek yang dibuat pada 7 sektor, yakni pasar tradisional, pasar modern (mall,
minimarket), restoran, hotel, PTSP, tempat
wisata, dan transportasi umum di daerah.

“Kami diminta membentuk tim kreatif pada setiap sektor itu dengan melibatkan: influencer (artis, artis lokal). Bisa juga publik figure, tokoh masyarakat/agama dan masyarakat umum,” jelasnya.

Yang paling penting, pembuatan video tersebut harus menggunakan kondisi riil sesuai sektor masing-masing.

Pemko Batam sendiri, sebut Jefridin, sebenarnya punya contoh-contoh video yang berisi tentang pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19, seperti pakai masker, jaga jarak dan pola hidup sehat.

Misalnya rekaman bagaimana social distancing dilaksanakan di pasar tradisional, dan di fasilitas publik lain.

Sebab, perang memutus rantai covid-19 di Kota Batam sudah lama dilakukan Pemko Batam sejak awal tahun 2020 lalu.

Misalnya penyemprotan cairan desinfektan pada jalan dan fasilitas umum, sosialisasi untuk mengarahkan masyarakat pola hidup sehat, hingga membuat tempat cuci tangan di area umum.

“Sesuai hasil rapat tadi, paling lambat contoh vidio sudah selesai tanggal 6 Juni, dan 7 Juni tahap revisi jika ada yang perlu diperbaiki. Sebab tanggal 8 Juni 2020 sudah harus dikirim ke Panitia,” jelas tokoh Pramuka Batam ini.

Karena itu, Jefridin mohon dukungan dan doa masyarakat agar Batam bisa keluar sebagai pemenang. Tentu saja, yang paling penting, Covid-19 bisa segera berlalu jelang tata normal baru 15 Juni mendatang. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.