Hari Sepeda Dunia

Kabar Baik dari Batam

Hari Sepeda Dunia

1 min read

WALIKOTA Batam H Muhammad Rudi dan istri. Foto diambil awal Januari 2020 lalu, sebelum Covid-19 merebak di Batam.

HARI INI, dunia memperingati Hari Sepeda Dunia (World Bicycle Day) yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Sidang Majelis Umum PBB yang ke-72 tahun 2018 di Amerika Serikat.

Penetapan tanggal 3 Juni sebagai Hari Sepeda Dunia bertujuan untuk menggaungkan gaya hidup sehat. Sepeda telah digunakan lebih dari dua abad sebagai transportasi yang sederhana, terjangkau, bersih, sehat, dan ramah lingkungan.

Jauh sebelum PBB menetapkan Hari Sepeda Dunia, para pemimpin Indonesia sudah menjadikan sepeda sebagai gaya hidup sehat mereka.

Para pemimpin bangsa ini dekat dengan sepeda untuk menyapa masyarakat guna mendengarkan aspirasi. Dengan bersepeda, mereka keliling ke pelosok-pelosok desa untuk melihat kondisi masyarakat.

Bung Karno misalnya, juga hobi bersepeda. Soekarno bersepeda untuk menjumpai para petani, buruh, dan masyarakat Indonesia yang miskin saat itu.

Presiden Suharto juga pernah gowes satu sepeda dengan Bu Tien. Foto keduanya bersepeda diabadikan di tahun 1988 untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.

Presiden SBY dan Jokowi juga kerap bersepeda untuk menggaungkan gaya hidup sehat di tengah masyarakat.

Di Batam, awal Januari 2020 lalu, Walikota Batam H Muhammad Rudi juga meluncurkan Batam Bersepeda (lihat foto).

Selamat bersepeda! ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.