IKM Batam Go Digital, Gebrakan HMA Terobos Pasar, Selamatkan Usaha Kecil

Kabar Baik dari Batam

IKM Batam Go Digital, Gebrakan HMA Terobos Pasar, Selamatkan Usaha Kecil

2 min read

SELAMA menjabat sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam Hj Marlin Agustina (HMA) selalu berupaya memajukan Industri Kecil Menengah (IKM).

HMA gencar memprioritaskan IKM sebagai salah satu program kerjanya. Yang paling tenar bagaimana kiprah HMA dalam mengenalkan batik Batam ke mata Nasional.

Namun, sekarang dia langsung membuat gebrakan yang beda, dengan mengembangkan IKM agar bisa mencapai skup yang lebih besar lagi. Sehingga bisa membantu pelaku IKM di masa hantaman pandemik Covid-19 ini.

Selain membenahi kemasan produknya, istri Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) ini gerak cepat menggandeng Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam dan perusahaan pemasaran digital.

Salah satunya yaitu Gojek (PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa) yang kini sudah sepakat akan membantu IKM Batam untuk meningkatkan pemasaran.

Kerjasama Dekranasda Kota Batam dan Disperindag Kota Batam dengan Gojek ini dimulai dengan sebuah inovasi yaitu Program IKM Batam Go Digital.

Inovasi baru yaitu Program IKM Batam Go Digital, ini dilaunching di Alun –alun Engku Putri, Batam Centre, Jum’at (12/06/2020).

“Program ini bertujuan untuk membantu Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Batam dalam promosi dan penjualan pada masa Pandemi Covid-19,” jelasnya.

Dengan demikian para pelaku IKM dapat beradaptasi dengan sistem promosi dan penjualan secara online. Dimana IKM Kerajinan melalui Go Shop dan IKM Makanan melalui Go Food.

Kepala Dinas Perindag Kota Batam, Gustian Riau melaporkan, sebelum Program IKM Batam Go Digital di-launching, telah dilaksanakan pelatihan terlebih dahulu selama 2 (hari) pada tanggal 11 – 12 Juni 2020 di Gedung Dekranasda Kota Batam.

Tentu acara pelatihan ini dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditentukan ; menjaga jarak, menggunakan masker dan mengukur suhu tubuh sebelum mengikuti acara.

Adapun peserta yang mengikuti pelatihan ini sejumlah 150 peserta pelaku IKM dimana dibagi menjadi 5 sesi acara.

“IKM di Kota Batam sangat terpengaruh dengan pandemik ini (Covid-19) untuk meningkatkan penjualan pelaku UKM dan IKM di Kota Batam Dekranasda dan Disperindag menggandeng Gojek, Alhamdulillah disambut baik oleh Gojek dan hari ini dapat kita launching,” jelas Gustian.

Senada dengan itu, HMA mengakui bahwa pandemik ini sangat mempengaruhi pendapatan para pelaku IKM dan UKM di Kota Batam. Khususnya para pedagang oleh-oleh dimana pendapatannya dipengaruhi kunjungan wisatawan manca negara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus).

Marlin berterima kasih atas kerjasama dukungan dari Gojek dalam membantu para UKM dan IKM di Kota Batam. Dimana kondisi saat ini sangat tepat untuk memulai mengajak para pelaku usaha untuk lebih mengenal pemasaran dan penjualan melalui digital.

“Covid ini tidak dapat kita pungkiri sangat mempengaruhi para pelaku IKM – IKM di Kota Batam tetapi kita tidak boleh down, kita ambil sisi positifnya saat ini kita bergerak ke digital (online) dimana lebih efisen dan efektif” ujarnya.

“Kita mulai menghidupkan perekonomian melalui IKM – IKM di Kota Batam melalui online tetapi harus tetap menerapkan protokol – protokol kesehatan yang telah di tentukan,” tegasnya.

Selanjutnya Istri Walikota Batam H Muhammad Rudi menyaksikan penandatangan Nota kesepahaman (MoU) antara Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral Kota Batam oleh Gustian Riau dan Gojek (PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa) yang ditanda tangani oleh District Head Gojek Batam, David Riston. ***
_________
Sumber: Media Center Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.