Video Conference dengan Kemendagri, Sekda: Batam Siap Gelar Pilkada 9 Desember

Kabar Baik dari Batam

Video Conference dengan Kemendagri, Sekda: Batam Siap Gelar Pilkada 9 Desember

2 min read

SEKDA Jefridin saat menghadiri video conference.

PEMILIHAN kepala daerah serentak di 270 daerah, termasuk di Kota Batam, tetap akan digelar pada 9 Desember 2020 di tengah pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, usai menghadiri video conference bersama Plt Sekretaris Jendral Kementerian Dalam Negeri Muhammad Hudori, di Gedung Pemerintah Kota Batam, Sabtu (13/6/2020) sekitar pukul 09.00 WIB.

Konferensi kali ini dihadiri segenap sekda provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia yang menyelenggaran Pilkada serentak.

“Keputusan Pilkada 9 Desember sudah final. Seluruh Sekda se-Indonesia yang hadir menyatakan siap,” jelas Jefridin usai rapat.

Alasan dari Sekjen Kemendagri, pandemi Covid-19 tidak dapat diprediksi keberlangsungannya hingga sampai kapan.

Di sisi lain, tak boleh terjadi kekosongan pemerintah di daerah terlalu lama dengan dijabat oleh pelaksana tugas kepala daerah.

“Keberlangsungan proses demokrasi harus tetap berjalan,” terangnya yang saat itu didampingi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Batam Riama Manurung, dan Desmon perwakilan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah.

Hal lain yang dibahas adalah terkait pendanaan yang ditanggung oleh Pemerintah Kota Batam.

Sebab, untuk melaksanakan Pilkada tentu lembaga yang terlibat memerlukan biaya penyelenggaraan pilkada.

Apalagi saat ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Sehingga ada biaya tambahan. Misalnya terkait pelengkapan alat pelindung diri (APD) untuk petugas pemilu dan rapid test.

“Soal rapid test ini menyarankan pengadaan dan penggunaannya, disediakan oleh ahlinya yaitu Dinas Kesehatan. Maka anggarannya pun berada di dinas tersebut. Terkait yang di tes hanya petugas yang terindikasi sakit,” jelas Jefridin.

Soal darimana biaya penyelenggaraan pilkada ini, dilakukan dengan merasionalisasikan anggaran yang sudah ada di naskah perjanjian hibah daerah (NPDH) sebelum dan penambahan untuk pengadaan peralatan penerapan Protokol Covid-19.

“Dengan catatan, semua pendanaan ini akan dilaporkan secara khusus ke Pak Wali (Walikota Batam HMR) selaku kepala daerah,” pungkas suami Hj Hariyanti Jefridin, tersebut. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.