Penataan Mulai 29 Juni, Pasar Tos 3000 akan Bangkit dengan Protokol Baru

Kabar Baik dari Batam

Penataan Mulai 29 Juni, Pasar Tos 3000 akan Bangkit dengan Protokol Baru

2 min read
WALIKOTA Batam H Muhammad Rudi (HMR) sedang konsen menangani klaster Pasar Toss 3000, Jodoh yang dinilai menjadi klaster terbesar.

“Kalau ini selesai, saya kira akan menjadi angin segar bagi kita,” ujarnya dalam rapat bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam di Panggung Dataran Engku Putri, Selasa (23/6/2020).

Untuk itu mulai Senin, 29 Juni 2020 nanti, Pemko Batam akan menata pasar sejuta umat tersebut. Kegiatan ini dilakukan selama lima hari.

Dari rangkuman berita yang kami kutip di beragam media, sebelum penataan dilakukan, saat ini petugas sudah gencar melakukan sosialisasi kepada para pedagang di pasar tersebut.

Rencananya selama lima hari penataan, tak hanya soal jarak lapak dan ukuran meja display pedagang saja yang ditata agar sesuai protokol kesehatan, jua akan dilakukan tes cepat Covid-19.

Adapun jumlah ukuran meja pasar yang ditetapkan tak lebih dari 180 cm x 120 cm.

Tata letak meja pun nanti akan zig-zag dengan jarak 2 meter antar pedagang. Tak hanya itu, nantinya pedagang juga diminta untuk menggunakan masker.

Setelah penataan dilakukan, Disperindag akan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kota Batam untuk mengatur pintu masuk dan keluar pedagang dan pembeli.

“Sekarang pembeli bisa masuk dari segala penjuru. Nanti dibuatkan tiga pintu saja. Out dan in harus terpisah, jadi bisa mengurai keramaian. Nanti juga dikasih jarak. Semua harus mematuhi protokol kesehatan ini,” tegas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam Gustian Riau.

Disampaikan juga, nantinya Dinas Damkar akan melakukan penyemprotan disinfektan secara keseluruhan di pasar tersebut.

“Di pintu masuk sudah ada petugas untuk pengecekkan suhu, tempat cuci tangan sehingga yang masuk aman,” katanya.

Berdasarkan data, ada lebih kurang 2.500 pedagang di Pasar Tos 3000 saat ini. Pasar ini memang menjadi tempat favorit warga Batam, sebab harga bahan pokok mulai sayur dan ikan di sini sangat terjangkau, bahkan dibilang lebih murah dibanding pasar lain. ***
_______
Foto: media Batamclick

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.