Bunge Rampai Negeri Madani, Program Aditya Kenalkan Khazanah Budaya Batam

Kabar Baik dari Batam

Bunge Rampai Negeri Madani, Program Aditya Kenalkan Khazanah Budaya Batam

1 min read

GUNA memperkenalkan khazanah kebudayaan Kota Batam, Camat Batamkota Aditya Guntur Nugraha, membikin sebuah program edukasi bertajuk “Bunge Rampai Negeri Madani”.

Program ini sebenarnya tercetus akhir 2019 lalu. Namun pelaksanaannya tertunda akibat amukan pandemi Covid-19 di Batam. Kini akan dibangkitkan kembali.

Di sini nantinya akan mengulas beragam hal dari berbagai sudut pandang tentang fenomena atau sesuatu yang ada di kota Batam.

Acara ini dikemas secara sederhana dengan bahasa ringan, dan menghadirkan narasumber kompeten, namun tetap sarat makna dan sejarah.

Sebagaimana kami kutip dari halaman Facebook Kecamatan Batamkota, program ini berbentuk tayangan umum dalam berbagai format.

Kontennya bisa berbentuk apa saja. Misalnya dalam bentuk infografik, slide foto, maupun video blog. Bisa juga dalam bentuk tulisan sesuai hasil wawancara atau liputan dengan narasumber.

Camat Aditya menjelaskan bahwa program ini hadir sebagai sarana edukasi guna menambah pengetahuan masyarakat tentang khazanah kekayaan lokal.

Misalnya, budaya, adat, sosial kemasyarakatan, benda-benda bersejarah, bahkan kemajuan pembangunan.

“Juga hal-hal lain yang mungkin tidak banyak dari kita yang mengerti asal mula sejarah dan filosofinya,” jelasnya.

Adapun pemilihan judul program “Bunge Rampai Negeri Madani”, didasari oleh adanya keinginan camat muda ini untuk andil dalam pengembangan kearifan lokal budaya Melayu, sebagaI fondasi budanya masyarakat Kota Batam.

Dalam literatur Kamus Besar Bahasa Indonesia, “bunga rampai” diartikan sebagai kumpulan berbagai macam bunga. Dalam hal ini dapat diartikan sebagai kumpulan dari berbagai tulisan yang memiliki ciri kesamaan tertentu. ***
_______
Sumber: Facebook Kecamatan Batamkota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.