Empat Kecamatan di Batam Sudah Melaju di Zona Hijau Covid-19

Kabar Baik dari Batam

Empat Kecamatan di Batam Sudah Melaju di Zona Hijau Covid-19

2 min read

DIAM-DIAM, empat dari 12 kecamatan di Kota Batam sudah masuk Zona Hijau, alias nol (0) kasus baru Covid-19. Sisanya zona kuning.

Dari data terbaru yang kami himpun dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, empat kecamatan tersebut terdiri atas Galang, Belakangpadang, Batuaji dan Bulang.

Sementara delapan kecamatan yang masuk zona kuning adalah:

1. Batamkota (6 pasien)
2. Batuampar (1 pasien)
3. Lubukbaja (5 pasien)
4. Sekupang (2 kasus)
5. Bengkong (2 pasien)
6. Sagulung (1 pasien)
7. Nongsa (10 pasien)
8. Seibeduk (3 pasien)

Yang menarik dari data tersebut, ada beberapa kecamatan yang sebelumnya masuk zona hitam atau angka kasus positif Covid-19 di atas 31 orang, turun tiga tingkat ke zona kuning (antara 1 hingga 10 positif Covid-19).

Dua kecamatan tersebut adalah Nongsa dan yang paling parah: Batamkota. Namun berkat kerja keras Gugus Tugas di sana, angkanya berangsur turun dari hitam ke merah, merah muda, akhirnya kuning.

“Saya terharu sekali dengan kabar Batamkota masuk Zona Kuning. Terus terang sejak beberapa bulan yang lalu kami bersama tim di lapangan, bertungkus lumus, menghabiskan banyak energi dan segala pengorbanan. Sampai-sampai tidak nyenyak tidur,” ujar Camat Batamkota Aditya Guntur Nugraha, sebagaimana kami kutip dari Facebook resmi Kecamatan Batamkota.

Sementara itu, Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad menjelaskan seminggu terakhir laju angka Rt Batam tidak pernah tembus di angka 1. Bahkan sejak 4 hari ini, penurunannya sangat signifikan.

Pada 22 Juni (Rt 0,92), 23 Juni turun menjadi (0,76), lalu 24 Juni turun lebih drastis lagi menjadi (0,52). Kemudian 25 Juni kemarin turun lebih dahsyat lagi menjadi (0,42).

Rt adalah reproduksi instans, sebagaimana disebutkan oleh Dr. Adam Kucharski, dari London School of Hygiene & Tropical Medicine, yang menjadi acuan bagi negara di dunia dalam penanganan Covid-19.

“Doakan juga, semua petugas tetap semangat mengendalikan Covid-19. Karena, para petugas kesehatan masih terus merawat pasien yang sakit. Sementara, para petugas di lapangan, juga tak kenal lelah, berjibaku mengupayakan agar warga tak terjangkit,” jelas suami Hj Erlita Sari Amsakar ini.

Tak lupa HAM meminta, agar di fase jelang penghujung ini (zona hijau), semua tetap waspada dan tak lengah, agar jumlah pasien tak bertambah. “Tetaplah pakai masker, jaga jarak, rajin mencuci tangan pakai sabun, serta senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” pesannya. ***
________
Sumber: Facebook Kecamatan Batamkota

    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.