Dataran Engku Hamidah; Dulu Hambar, Muram Tiada Warna, Kini Indah Bercahaya

Kabar Baik dari Batam

Dataran Engku Hamidah; Dulu Hambar, Muram Tiada Warna, Kini Indah Bercahaya

2 min read

MUNGKIN banyak yang belum tahu; Dataran Engku Hamidah yang diresmikan, Selasa, 17 Desember 2019 lalu, awalnya hanya merupakan trotoar biasa dengan ruas jalan yang sempit. Di sejumlah sisi, jalan berlubang dan rusak.

Sejak empat tahun lalu, saat Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) menggenjot pembangunan infrastruktur di Kota Batam, dengan membangun banyak jalan dan memperlebar jalan, kawasan ini pun ikut dibangun.

Awalnya, namanya adalah Dataran Madani. Namun, kemudian diganti menjadi Dataran Engku Hamidah. Engku Hamidah merupakan permaisuri Sultan Mahmud Syah III.

Engku Hamidah dikenal antara lain karena memiliki Pulau Penyengat yang menjadi hadiah perkawinannya pada 1803. Putri dari Yang Dipertuan Muda Riau IV Raja Haji Fisabilillah ini, menetap di Pulau Penyengat hingga akhir hayatnya, tahun 1844.

Selain sebagai permaisuri, Engku Hamidah juga menjadi penasehat hingga pemegang teraju adat dan tradisi. Tugasnya semakin vital karena menjadi Pemegang Regalia Kerajaan, yaitu alat kebesaran Kerajaan Riau-Lingga-Johor-Pahang.

Kini, kawasan Dataran Engku Hamidah menjadi ikon baru Kota Batam yang berlokasi di depan Hotel Green Rose Jalan Raja Haji Fisabilillah dan diharapkan menjadi daya tarik baru di Kota Batam.

Dataran Engku Hamidah memiliki lampu hias dan menjadi tempat berswafoto. Proyek baru di 2019 ini dibangun oleh Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Batam dan diresmikan oleh Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad.

Sebagai tempat berswafoto, Dataran Engku Hamidah menjadi tempat pemberhentian wajib bagi agen wisata di Batam. Banyak wisatawan nusantara yang berhenti di sini untuk berfoto bersama dengan latar tulisan Engku Hamidah.

Di minggu pagi dan hari libur lainnya, para pesepeda sering menjadikan Dataran ini sebagai salah satu titik peristirahatan mereka. Di malam hari, Dataran Engku Hamidah yang disinari cahaya lampu menjadi tempat anak-anak muda bercengkerama. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.