Pertama di Indonesia: Sekretariat DPRD Batam Terintegrasi dengan JDIH Nasional

Kabar Baik dari Batam

Pertama di Indonesia: Sekretariat DPRD Batam Terintegrasi dengan JDIH Nasional

1 min read

KEPALA Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam Azril Apriansyah mengatakan, Sekretariat DPRD Batam sudah terintegrasi dengan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH). Bahkan, menjadi yang pertama terintegrasi se-Indonesia.

“Kita berharap JDIH Sekretariat DPRD Batam menjadi yang terbaik tahun ini,” ujarnya, Selasa (7/7/2020).

Azril menjelaskan, JDIH tersebut merupakan wadah pendayagunaan bersama atas dokumen hukum secara tertib, terpadu dan berkesinambungan yang beranggotakan instansi pemerintah, perguruan tinggi, dan lembaga lain yang bergerak di bidang pengembangan dokumentasi dan informasi hukum.

Secara sederhana, JDIH menyediakan informasi peraturan perundang-undangan lintas sektor sehingga dapat diakses masyarakat.

“Semua sudah kita integrasikan berdasarkan pedoman atau format dari JDIH Nasional,” ujarnya.

Ia mengatakan, target terbaik tingkat nasional tersebut tidak muluk. Pasalnya, Batam pada 2019 menjadi daerah terbaik se-Kepri dan masuk lima besar di tingkat nasional. Sehingga, di tahun ini diharapkan kembali menoreh prestasi.

“Target kita JDIH Kota Batam masuk tiga besar nasional dan JDIH Sekretariat DPRD Batam jadi terbaik tahun ini,” katanya.

Di 2019, Azril mengungkapkan, dari tujuh kabupaten/kota se-Kepri, JDIH Kota Batam unggul dengan total poin sebanyak 86. Batam mengungguli Kabupaten Karimun dengan total nilai 84 dan disusul Kabupaten Bintan sebagai juara dengan total poin 50.

“Sementara di tingkat nasional, masuk lima besar bersama bersama Sukabumi, Surakarta, Bandung dan Ambon,” katanya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *