Tak Ingin Kecolongan, Pendatang dari Surabaya dan Jakarta Wajib Rapid Tes Ulang

Kabar Baik dari Batam

Tak Ingin Kecolongan, Pendatang dari Surabaya dan Jakarta Wajib Rapid Tes Ulang

2 min read

KETUA Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR) meminta agar pendatang dari DKI Jakarta dan Surabaya di-rapid tes ulang.

Keputusan ini diambil, karena selain daerah tersebut masuk zona merah, juga banyak warga dari Surabaya yang datang ke kota ini untuk keperluan khusus, ditemukan positif Covid-19.

“Selain pendatang dari Surabaya, juga dari Jakarta harus dites ulang saat tiba di Batam,” jelas HMR.

Tak lupa dia meminta pintu masuk bagi pendatang atau penumpang asal dua kota besar itu diperketat.

HMR menjelaskan, soal teknis menyambut kedatangan pendatang atau penumpang nanti akan dibahas bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) serta Dinkes Batam.

Menurutnya, saat ini Batam sudah menuju zona hijau. Adanya tambahan kasus Covid-19 yang dua hari lalu menimpa anak band dari Surabaya, menjadikan pembelajaran agar ada perhatian khusus dan tindakan lebih ketat dalam menyambut kedatangan orang luar ke Batam.

“Jadi meskipun dia sudah menjalani rapid test di daerah asal, untuk berjaga-jaga agar tidak ada penyebaran di Batam, maka mereka akan di rapid tes ulang,” tegasnya.

Langkah ini diharapkan bisa menekan penyebaran covid-19 di Batam sehingga tidak ada penambahan kasus. Sebab akan berpengaruh pada kondisi dan zona di Batam saat ini.

Seperti diketahui, lima personel grup band asal Surabaya yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut, tiba di Batam karena dikontrak salah satu hotel di kota ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi memperkirakan, para personel grup band tersebut sudah lebih dulu terinfeksi ketika masih berada di Surabaya. Namun bisa lolos karena hasil rapid test mereka dinyatakan non reaktif.

“Karena surat keterangannya non reaktif, jadi tidak ada alasan mereka tidak boleh terbang ke Batam,” jelasnya.

Berdasarkan penuturan personel band ini, selain mengisi acara cara mereka juga berencana mencari pekerjaan di Batam.

Dapatkan info lebih rinci tentang penanganan Covid-19 di kota Batam. Klik: lawancoronabatam.go.id. ***
____
Sumber: Harian Batam Pos & Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *