Catatan Ketika HMR Kunjungi Redaksi Batam Pos (1)

Kabar Baik dari Batam

Catatan Ketika HMR Kunjungi Redaksi Batam Pos (1)

2 min read

Foto saat Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) berdiskusi di ruang rapat redaksi Batam Pos.

> Disambut Ramah di News Room, Minta Media Sajikan Hal Kreatif dan Optimisme

WALIKOTA Batam H Muhammad Rudi (HMR) terkenal akrab dengan awak media. Bahkan dia tak segan saat diminta menjadi redaktur tamu saat berkunjung ke Batam Pos, media cetak pertama, terbesar dan terpercaya di Kepulauan Riau.

Peristiwa unik ini terjadi Selasa (14/7/2020), malam. HMR mengunjungi kantor redaksi koran grup Jawa Pos tersebut di Graha Pena Batam.

Tiba di Graha Pena sekitar pukul 18.45 WIB. Kedatangan HMR disambut langsung oleh Pemimpin Redaksi (Pemred) Batam Pos M Iqbal dan Manager Iklan Try Agus di lobi.

Ikut bersama HMR Asisten Pemerintahan dan Kesra Yusfa Hendri, Asisten Administrasi Umum Hariman AK, disusul beberapa Kepala Dinas, di antaranya Kadis Pendidikan Hendri Arulan, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Ardiwinata, Kadis Cipta Karya dan Tata Ruang Suhar.

Ada juga Kadis Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan Eryudhi Apriadi, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Firmansyah, Kadis Komunikasi dan Informatika Azril Apriansyah, dan masih banyak lagi pejabat eselon 3 yang hadir.

Selanjutnya HMR langsung menuju lantai 3. Di markas Batam Pos ini, dia sudah disambut Direktur Utama Batam Pos Socrates bersama segenap awak redaksi lain yang menyambut riuh.

“Selamat datang Pak Rudi,” sapa penghuni “news room” ini ramah.

“Wah… Ternyata ramai ya?” kesan HMR.

“Ya… Malam adalah batas atau deadline berita diolah untuk dicetak. Karena itu banyak yang kerja,” jelas Pemred.

Selanjutnya langkah HMR dibimbing menuju ruang rapat redaksi. Di ruang “sakral” ini, HMR banyak ditanya terkait perkembangan kota Batam saat ini, khususnya membangkitkan ekonomi usai babak belur dihantam Covid-19.

Semua tanya ini berhasil dijawab gamblang, lugas dan tuntas tanpa tedeng aling-aling.

Kini HMR juga balik berbicara soal keterbukaan arus informasi. Menurutnya, media massa telah bertransformasi begitu pesat seiring perkembangan zaman. Sehingga mudah diakses.

Namun dengan derasnya berbagai informasi, batas-batas kebenaran seolah menjadi samar. Keterbukaan media menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah.

Untuk itu HMR berharap, media massa di Batam, khususnya Batam Pos mampu menjadi benteng terakhir dalam penyajian fakta ke publik.

Selain itu menyajikan hal yang kreatif. Misalnya dengan memberitakan tentang kemajuan Batam. “Untuk itu saya mohon kerjasamanya. Tak perlu berbohong untuk memberitakan hal (positif) ini, karena faktanya ada,” terangnya.

Dengan begitu, lanjut suami Hj Marlin Agustina (HMA) tersebut, publik akan selalu terpapar berita-berita yang positif. โ€Berikan narasi publik yang temanya kreatif dan optimisme,โ€ tuturnya.

Menjawab ini Socrates pun menjelaskan bagaimana Batam Pos menjaga kredibilitas hingga tetap menjadi media terbesar.

Kurang lebuh satu jam berdiskusi, tibalah saat HMR pamit. Namun, sebelum pulang Socrates mendapuk HMR yang juga Kepala Badan Pengusahaan Batam ini menjadi redaktur tamu di sesi Metropolis, halaman khusus berita tentang Batam.

“Biar Pak Wali ikut merasakan pengalaman bagaimana ketatnya menyajikan berita di koran,” jelas Socrates. ***
Bersambung
___________
Foto courtesy Facebook Agnes Dhamayanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ Katabatam.com | Newsphere by AF themes.