Catatan Ketika HMR Kunjungi Redaksi Batam Pos (2-Habis)

Kabar Baik dari Batam

Catatan Ketika HMR Kunjungi Redaksi Batam Pos (2-Habis)

2 min read

Foto saat Walikota Batam menjadi redaktur tamu Halaman Metropolis Batam Pos. Akrab penuh canda. Foto Insert: Halaman Metropolis Batam Pos yang diteliti HMR.

> Didaulat Jadi Redaktur Metropolis, HMR Teliti Akurasi Berita dan Keindahan Pemilihan Foto

DIREKTUR UTAMA Batam Pos Socrates mendapuk Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) menjadi redaktur tamu di sesi Metropolis, halaman khusus berita tentang Batam.

Redaktur adalah salah satu jenis jabatan keredaksian di dunia kewartawanan.

Secara etimologis, redaktur berasal dari bahasa Belanda, redacteur, yang secara umum artinya seseorang yang bertugas melakukan penyuntingan, yaitu memberi judul, memperbaiki kesalahan ejaan, tanda baca, diksi, serta keterpaduan antar paragraf, dari naskah berita yang telah ditulis dan dikirimkan oleh reporter.

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.

Begitulah peran yang diberikan Socrates kepada Walikota yang banyak menerima penghargaan tersebut.

Ditemani Pemimpin Redaksi M Iqbal,HMRduduk di kursi Redaktur Metropolis menghadap sebuah layar komputer halaman utama Metropolis yang sudah penuh terlay-out berita untuk diterbitkan esok hari. Suasana pun akrab penuh canda.

“Nah, saya suka berita ini. Bagus sekali. Soalnya ada yang sudah saya bangun juga,” terangnya menilai headline Metropolis yang dia tangani, berjudul “Harus Ada Jalur Khusus Pesepeda”, disambung sub judul:
* Pemko Batam Anggarkan Pembangunan Jalur Khusus di 2021
* Bersepeda Harus Melengkapi Perangkat Safety Berkendara.

Selain itu perhatian HMR terpaut pada sebuah foto A (utama). “Bagus sekali foto ini. Ini dimana?” tanyanya sambil beberapa kali men-zoom foto anak-anak muda berolah raga dengan bersepeda dan berjalan kaki tersebut.

“Foto ini diambil di kawasan Mega Techno City, Batubesar, Kecamatan Nongsa, Jumat (3/7/2020) lalu,” terang Yusuf, Wakil Pemimpin Redaksi.

Selanjutnya perhatian HMR tertuju pada berita berjudul, “Bawa Perlengkapan Salat Idul Adha Sendiri”.

“Ini soal keputusan salat Idul Adha yang akan dipusatkan di Engku Putri, Pak,” ujar Ratna, Redaktur Metropolis.

“Siapa sumbernya?” tanyanya.
“Pak Jefridin, Pak. Tadi beliau yang memimpin rapat,” jelas Ratna. Jefridin adalah Sekretaris Daerah Kota Batam.

Mendengar jawaban Ratna ini, HMR pun tampak puas. Tampak sekali HMR menjiwai perannya sebagai redaktur ini.

Sehingga, meskipun cuma sebentar, tapi HMR sudah persis redaktur profesional. Hal ini tampak dari bagiamana dia memandang dan menelaah segala informasi yang tersaji tadi. Sehingga benar-benar bisa disajikan dengan akurat, bersih dari hoax.

Usai semua dirasa komplet, akhirnya HMR pun pamit. Saatnya dia melepas “jabatan redakturnya”, untuk kembali kepada perannya sebagai Walikota Batam. “Saya sudah ditunggu untuk bersilaturahmi dengan Ketua RT/RW dan tokoh masyarakat Kecamatan Seibeduk,” jelasnya kepada Socrates dan awak redaksi Batam Pos. ***
________

Foto courtesy Facebook Agnes Dhamayanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.