Kian Transparan, DPM-PTSP Pemko Batam Jamin Proses Perizinan Lebih Cepat

Kabar Baik dari Batam

Kian Transparan, DPM-PTSP Pemko Batam Jamin Proses Perizinan Lebih Cepat

2 min read

KEPALA Dinas DPM-PTSP Pemko Batam Firmansyah (dua dari kiri), saat menerima kunjungan tim Batam Pos di ruang kerjanya, di lantai 2 Gedung Mall Pelayanan Publik di Batam Center, Selasa (14/7/2020).

DINAS Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Pemerintah Kota (Pemko) Batam kian terbuka dalam perizinan. Salah satunya pelayanan melalui aplikasi PTSP Online.

Aplikasi berbasis website ini dibuat untuk memudahkan masyarakat melakukan pengajuan permohonan pengurusan berbagai macam perizinan.

“Kini hampir semua pelayanan perizinan sudah bisa diurus lewat online. Jadi, tidak perlu bertatap muka,” kata Kepala Dinas DPM-PTSP Pemko Batam, Firmansyah, saat menerima kunjungan tim Batam Pos di ruang kerjanya, di lantai 2 Gedung Mall Pelayanan Publik di Batam Center, Selasa (14/7/2020).

Firmansyah berjanji, pihaknya akan memberi pelayanan prima kepada masyarakat yang mengajukan perizinan asal persyaratannya lengkap. “Prosesnya dijamin cepat,” ujar pria yang Ketua Pengurus Masjid Agung Batam Center, ini.

Namun, dia mengimbau kepada warga Batam agar mengurus sendiri pengajuan perizinannya. Ini, katanya, supaya biayanya tidak beng kak. Dia mencontohkan, biaya pengurusan izin mendirikan bangunan (IMB) yang hanya Rp 400 ribuan, namun karena diurus pihak ketiga maka biayanya bisa jutaan.

“Ini kan miris, yang masuk ke PAD (Pendapatan Asli Dae rah) cuma Rp 400 ribuan, ke pihak ketiga jutaan. Meskipun ini dibolehkan lewat surat kuasa lebih baik urus sendiri lah,” ungkapnya.

Memang, lanjutnya, perizinan IMB salah satu perizinan yang belum bisa diurus se cara online. Banyak yang men jadi topik pembicaraan seputar perkembangan perizinan di DPM-PTSP Pemko Batam dalam silaturahmi tersebut, di antaranya pelimpahan pe perizinan dari sejumlah OPD di lingkungan Pemko Batam ke DPM-PTSP.

“Hari ini (kemarin, red) ada rapat pelimpahan perizinan di Pemko Batam. Akan ada penambahan kewenangan (perizinan) yang akan kami pegang, dan tentu kami butuh penambahan SDM,” kata Firmansyah yang didampingi Kepala Bidang Perizinan Pembangunan DPMPTSP Pemko Batam, Teddy M Nuh.

Perlu diketahui, aplikasi PTSP Online terdiri dari 52 jenis lisensi dan non-lisensi dari 11 sektor yang dapat di peroleh dari satu tempat.

Dengan inovasi ini, Firman syah berharap PAD Batam meningkat. Apalagi sejak pan demi Covid-19 beberapa bu lan ini berdampak pada semua sektor, terutama sektor ekonomi. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *