Jefridin Bersyukur, Batam Terima Insentif Rp14,9 M karena Berhasil Tangani Covid-19

Kabar Baik dari Batam

Jefridin Bersyukur, Batam Terima Insentif Rp14,9 M karena Berhasil Tangani Covid-19

2 min read

SEKDA Kota Batam H Jefridin.

KOTA BATAM dinilai berhasil mempercepat penanganan Covid-19. Terbukti, dari semula menjadi zona hitam dan merah, kini sudah kuning dan hijau. Wajar bila akhirnya Kementerian Keuangan memberikan Dana Insentif Daerah (DID).

“Alhamdulillah Batam dinilai berhasil menangani Covid-19, sehingga mendapat DID Rp14,9 miliar,” puji syukur Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin saat ditemui pagi tadi, Rabu (22/7/2020).

Menurut Jefridin, secara nasional, dari 514 Kabupaten Kota dan 34 Provinsi se-Indonesia, hanya 171 pemerintah daerah yang mendapatkan DID tambahan tahun 2020 tahap pertama. Di antaranya Batam.

“Sedangkan di Provinsi Kepri sendiri, dari tujuh kabupaten/kota yang ada hanya Batam yang dapat penghargaan Kinerja Pemerintah terbaik dalam penanganan Covid-19,” jelasnya.

Pemberian DID tambahan Tahun 2020 ini, lanjutnya, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) RI Nomor: 87/ PMK.07/2020.

Pemberian DID tersebut berdasarkan hasil kepatuhan dan ketepatan dalam menyampaikan laporan penanganan Covid-19, termasuk penyesuaian APBD tahun 2020 kepada Pemerintah Pusat.

Dalam Poeraturan Menteri Keuangan dijelaskan, peruntukan DID untuk mendorong pemulihan ekonomi daerah, mendukung industri kecil, UMKM, koperasi, pasar tradisional, dan penanganan Covid-19 bidang kesehatan dan sosial.

“Nilai plus lainnya, Kota Batam menjadi juara favorit di lomba Inovasi Daerah dalam Tatanan Normal Baru 2020,” ungkap Jefridin.

Selain itu dasar pemberian DID Tambahan. Salah satunya pemerintah daerah yang telah melaporkan penyesuaian APBD Tahun 2020 sesuai PMK soal transfer ke daerah dan dana desa tahun 2020 dalam rangka penanganan Covid-19 atau ancaman yang membahayakan perekonomian nasional.

“Alhamdulillah, penghargaan ini tentu berkat kerja keras kita semua, dalam hal ini dipimpin oleh Walikota Batam H Muhammad Rudi, selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam. Tentu saja TNI/Polri, tim medis dan masyarakat semua,” ujar Jefridin. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *