Perempuan Batam Kian Berperan dan Berkontribusi dalam Pembangunan

Kabar Baik dari Batam

Perempuan Batam Kian Berperan dan Berkontribusi dalam Pembangunan

1 min read

PEMBANGUNAN Manusia Kota Batam menurut kesetaraan gender menunjukkan tren perbaikan.

Ini tercermin dari Indeks Pembangunan Gender (IPG) Kota Batam pada 2019 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), yakni berada di level 94,42 dari skala 0-100.

IPG Kota Batam lebih tinggi dari rata-rata nasional yang berada di angka 90,99. Juga naik dari dua tahun sebelumnya yang stagnan di angka 94,22. Sebagai informasi, IPG mendekati 100 mengindikasikan semakin kecil kesenjangan pembangunan antara laki-laki dan perempuan.

Di Pemerintah Kota Batam perempuan banyak berperan dengan mendudukkan mereka di sejumlah jabatan strategis seperti mengepalai dinas dan badan.

Kepala Inspektorat, Kepala Badan Kesbang dan Politik, Kepala Dinas Sosial, Kepala Badan Kepegawaian dan SDM, Kepala Dinas Perikanan dijabat oleh perempuan.

Begitu juga dengan Kepala RSUD Batam. Bahkan kecamatan yang menjadi pusat bisnis di Batam yakni Lubukbaja dijabat camat perempuan. Begitu juga sejumlah kelurahan, dijabat oleh lurah perempuan.

Ini menunjukkan juga adanya kenaikan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) di Kota Batam. Di DPRD Batam, sejumlah partai politik seperti NasDem, Golkar, PKS, dan Hanura menempatkan wakil perempuannya di sana sebagai wakil rakyat. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.