Selamat Hari Anak Nasional, Bunda Marlin Ajak Orang Tua jadi Sahabat Buah Hatinya

Kabar Baik dari Batam

Selamat Hari Anak Nasional, Bunda Marlin Ajak Orang Tua jadi Sahabat Buah Hatinya

2 min read

SEMPENA peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada 23 Juli 2020 ini, Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Batam Hj Marlin Agustina, mengajak orang tua selalu ada untuk mendengar keluh kesah anaknya.

Ajakan ini digemakan Marlin saatmemperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2020 bersama anak-anak PAUDย dan remaja di lingkungan Tiban BTN, Sekupang, Rabu (22/7/2020), pukul 16.00 WIB.

Tampak Marlin dengan penuh kasih sayang, bercengkrama dengan generasi penerus tersebut, layaknya ibu sendiri.

“Bapak ibu, didiklah anak dengan baik, agar mereka bisa menjadi generasi tangguh yang berguna bagi bangsa dan negara ditambah dengan akhlak yang baik,” pesannya.

Untuk menuju ke sana, Marlin pun membagi tips. Antara lain, orang tua harus selalu ada untuk anaknya. Sesibuk apa pun harus mendengarkan keluhan mereka.

“Saya dengar orang tua terkadang jarang mendengar keluh kesah anak, karena kesibukan dan sebagainya. Saya paham. Tapi alangkah baiknya setelah di rumah, kita dengarkanlah keluh-kesah mereka,” kisah Marlin.

Jika ini dilakukan, maka saat remaja nanti, anak-anak akan siap menghadapi masa yang disebut dengan period of storm and stress.

Menurut Stanley Hall (Bapak Psikologi Remaja), itu disebut masa badai dan tekanan. Artinya remaja diperiode ini akan banyak mengalami tekanan dan permasalahan baik terhadap keluarga, lingkungan maupun terkait emosi yang masih labil.

“Bila anak sudah bisa menganggap kita sebagai sahabat, jua ibu, maka masalah mereka akan terurai di tempat yang tepat. Bukan ke yang lain atau menumpuk menjadi depresi,” ulasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan sekali lagi, peran orang tua amat dibutuhkan terutama dalam berbagi dan memperhatikan anak.

Khusus para guru, Marlin minta agar peka terhadap lingkungan sekolah. Terutama anak-anak di sekolah.

“Jaga agar anak-anak tidak saling membully, tidak saling merendahkan. Pupuk nilai kebersamaan,” pintanya.

Sebelum berpisah, Marlin kembali mengucapkan selamat Hari Anak Nasional kepada anak-anak seluruh Indonesia, khususnya di Batam dan Kepulauan Riau. ***
________
“Jika ingin dikenang oleh anak di kemudian hari, Anda harus menjadi bagian dari hidupnya sekarang.โ€

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *