Kejar Target PAD, Azman Lakukan Banyak Inovasi: Jemput Pajak hingga ke Perumahan

Kabar Baik dari Batam

Kejar Target PAD, Azman Lakukan Banyak Inovasi: Jemput Pajak hingga ke Perumahan

2 min read

BADAN Peng elolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Batam mengeluarkan inovasi untuk memaksimalkan pencapaian target pajak di masa pandemi Covid-19 ini.

Kepala BP2RD Batam Raja Azmansyah mengatakan, banyak rencana dan inovasi yang sudah disiapkan dan disusun untuk memaksimalkan pendapatan asli daerah (PAD). Namun karena pandemi Covid-19, rencana tersebut tidak berjalan maksimal.

“Kami hadir hingga ke perumahan dan acara yang mengundang banyak massa. Upaya ini agar masyarakat mudah dalam membayar pa jak bumi dan bangunan (PBB),” kata Raja Azmansyah, kepada Tim Roadshow Batam Pos, Selasa (21/7/2020).

Ia mengatakan, pendapatan pajak hingga saat ini masih belum maksimal atau baru 30 persen. Untuk itu, perlu usaha dan upaya agar di akhir tahun ini pencapaian pajak jauh lebih baik. Untuk itu, pihaknya mencari solusi dan inovasi agar ini bisa tercapai walaupun masih dalam pan demi Covid-19.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan instansi lain, seperti Badan Pengusahaan (BP) Batam agar bisa sejalan terkait pembayaran ran pajak ini.

“Baru-baru ini kami turut ikut dalam acara bersama BP Batam. Karena ada pembayaran Uang Wajib Tahunan Otorita (UWTO), jadi kami ikut agar bisa maksimalkan PBB,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga memperbanyak jalinan kerja sama perbankan untuk ke mudahan pembayaran pajak.

Pihaknya membangun channel yang bertujuan untuk memberikan kemudahan ke pada masyarakat.

“Jadi, selain jemput bola, itulah beberapa cara yang kami lakukan agar capaian (PAD) bisa tetap maksimal di tahun yang cukup berat ini. Kami juga berkoordinasi dengan pihak RW agar bisa turun ke pemukiman warga,” imbuhnya.

Dalam waktu dekat ini, BP2RD juga akan berkoordinasi dengan camat dan lurah untuk menyasar wilayah yang berpotensi untuk memaksimalkan wajib pajak ini.

Azmansyah melanjutkan, petugas juga memberikan stimulan yang membuat masyarakat membayar pajak. Seperti mengadakan doorprize atau undian setiap turun ke lapangan.

Saat ini, tiga sektor yang masih berjalan cukup baik, yaitu BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan), PBB, pajak kendaraan.

Untuk itu, hingga akhir tahun ini, Azman menyebutkan masih akan berupaya maksimalkan pendapatan dari pajak dengan kemudahan. ***
_________
Sumber: Batam Pos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.