Marlin Ingatkan Pola Asuh & Mendidik jadi Faktor Penting Tumbuh Kembang Anak

Kabar Baik dari Batam

Marlin Ingatkan Pola Asuh & Mendidik jadi Faktor Penting Tumbuh Kembang Anak

2 min read

BUNDA PAUD Kota Batam Hj Marlin Agustina bercengkrama dengan murid TK saat berkunjung ke TK Globe National Plus, Batuampar, sempena peringatan Hari Anak Nasional (HAN), Kamis (23/7/2020) pukul 08.30 WIB.

ANAK-ANAK menciptakan sejarah kehidupan. Untuk itu, anak -anak harus diajari bagaimana cara berpikir, dan bukan apa yang harus dipikirkan.

Demikian inti sambutan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Batam Hj Marlin Agustina, saat menyambangi TK Globe National Plus, Batuampar, sempena peringatan Hari Anak Nasional (HAN), Kamis (23/7/2020) pukul 08.30 WIB.

Marlin yang saat itu didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Batam Hj Hariyanti Jefridin dan Camat Batuampar Tukijan, memahami bahwa setiap orang tua pasti ingin anak-anaknya jadi yang terbaik. Namun tak harus memaksakan kehendak kepada anak. Sebab zaman telah berubah. Demikian jua tantangannya.

Karena itu, pola pembelajaran pun berubah, dari yang awalnya dimulai pendekatan teoritis yang diakhiri sedikit praktik, kini menjadi lebih banyak praktikum, kemudian belajar teori.

Karena itu, anak dituntut untuk mandiri dan pandai mengambil serta mempertanggungjawabkan keputusan.

Khusus anak TK, menurut Marlin biarlah mereka bermain dan besosialisasi. Dia mencontohkan bagaimana mendidik anaknya dulu.

“Anak saya tidak bisa membaca sewaktu TK, tak lama dia masuk SD, juga belum bisa membaca bahkan menulis. Anak saya sempat minder, tapi saya katakan bahwa jangan malu semua akan bisa kok.
Akhirnya dia bisa sekarang, dan saya tidak mau memaksakan dia untuk bisa sebelum usianya,” ungkapnya.

Marlin juga sempat menyinggung tentang anak dan gadget. Menurutnya, cukup satu jam saja anak boleh main handphone. Itulah yang dia terapkan di rumah.

“Anak saya sudah saya batasi main handphone maksimal 1 jam, setelah itu saya suruh main. Bisa bersepeda atau yang lain,” jelasnya.

Terakhir, sempena Hari Anak Nasional 2020 ini, Marlin mengajak semua untuk mendukung agar anak-anak menjadi generasi terdepan. Cara mengasuh dan mendidik anak jadi faktor penting bagi tumbuh kembang anak.

“Kita harus tau tupoksi (tugas, pokok dan fungsi) masing-masing. Anak apa, ibu dan ayah bagaimana. Sehingga kita bisa membuat anak nyaman sama kita melalui edukasi yang baik melalui perilaku yang baik,” pungkasnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *