Embun Pagi HMR

Kabar Baik dari Batam

Embun Pagi HMR

1 min read

ADA ungkapan Arab yang terkenal di kalangan pesantren yaitu “Man jadda wajada” yang artinya: Barangsiapa bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil.

Man jadda wajada terdiri dari tiga kata, yaitu man yang berarti “siapa”, jadda yang berarti “bersungguh sungguh” dan wajada yang berarti “dapat.” Kata “jadda” sendiri mempunyai akar kata yang sama dengan kata “jihâd” maka oleh karenanya jihad juga bermakna “usaha sungguh-sungguh.”

Ungkapan ini sangat cocok untuk dijadikan peganan oleh semua orang. Bagi anak muda ungkapan ini menjadi bahan penyemangat untuk meraih apa yang dicita-citakan. Cobaan dan rintangan pasti akan ditemui, tapi dengan kesungguhan itu akan bisa dilalui.

Walikota Batam H Muhammad Rudi sering menyampaikan, bahwa tidak ada hal yang sulit jika kita mau berusaha dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas, yang penting ada kemauan dan ada kesungguhan serta gunakan logika serta ilmu pengetahuan sesuai kapasitas kita masing masing yang telah Allah karuniakan.

“Fortis fortuna adiuvat!” ujar sebuah kutipan dari drama Terence, Phormio yang dipentaskan 1 Masehi lalu. Artinya: Keberuntungan hanya berpihak pada yang berani. ***
_________
Dilengkapi sumber: Karna ID & Ruli Mustafa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *