Pakai Sepeda Lipat, Jefridin & Wildan Babat 122 Km Rute Tanjungpinang – Trikora – Uban

Kabar Baik dari Batam

Pakai Sepeda Lipat, Jefridin & Wildan Babat 122 Km Rute Tanjungpinang – Trikora – Uban

2 min read

H JEFRIDIN dan Wildan saat menerabos jalan berair.

HARI mulai seja, peluh masih mengucur di tubuh, ketika H Jefridin, Sekretaris Daerah Kota Batam itu memekik syukur usai menuntaskan rute 122 kilometer dengan sepeda lipatnya, Minggu (26/7/2020).

“Alhamdulillah tembus 122 km dinda Bro!” ujarnya. Di sampingnya, sang putra, Muhd Wildan Riyanshah, juga dengan sepeda lipat, berhasil menaklukkan petualangan keras tersebut.

Jefridin tentu bersyukur, sebab tak semua pegowes bisa menempuh jalur sejauh itu. Apalagi di usia lebih setengah abad. Jalur ini benar-benar menguji ketahanan (endurance) tubuh seseorang.

Apalagi saat itu cuaca di Tanjungpinang dan Bintan diguyur hujan sehingga selain mengganggu pandangan dan daya tahan, jalanan juga licin dan tergenang air. Sehingga harus ekstra waspada saat melintas tanjakan curam dan turunan yang banyak ditemui sepanjang perjalanan.

Kalau diilustrasikan di Batam, rute 122 km itu setara dengan bersepeda dari Dataran Engku Putri Batam Centre, kemudian ke Nongsa, Telagapunggur, Kampung Bagan, Tanjungpiayu, Jembatan I Barelang, Batuaji, Marina, Sekupang, Lubukbaja, Batuampar, Batumerah, Bengkong, dan kembali ke Engku Putri.

Atau lebih jauh dua kilometer dari keliling jalan lingkar luar Kota Batam yang biasa dijadikan even sepeda internasional bergengsi di kota ini: Batam Outer Ring (BOR).

“Sejak awal saya dan Wildan (putranya) sudah bertekad menyelesaikan tantangan ini. Syukurlah semua bisa dilalui. Benar-benar paduan adventure and fun,” jelas Jefridin.

Sementara itu dalam pantauan kami, banyak di antara rombongan yang sudah kelelahan di 20 km pertama. Sehingga harus masuk ke mobil rescue dan memilih jadi penyemangat rekannya yang lain.

Sebagaimana diketahui, awal mula Jefridin dan putranya, Wildan, tandang gowes ke Bintan ini untuk memenuhi tantangan Kepala Kejaksaan Negeri Tanjungpinang Ahelya Abustam, yang mengundangnya beserta goweser dari Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kota Batam, untuk gowes di Tanjungpinang.

Kemudian, Jefridin berangkat dari Batam, Sabtu (25/7/2020) sore bersama rombongan sekitar 30-an orang. Mereka adalah goweser KKSS yang tergabung dalam Ewako Gowes Club Batam pimpinan Arman dan Costarica Cycling Club dengan tokohnya H Sahrul.

Rute gowes ini dimulai pukul 07.00 WIB dari kantor Kejari Tanjungpinang yang berada di Batu 4 Atas.

Di sini, Jefridin dan rombongan sudah ditunggu Ahelya bersama Walikota Tanjungpinang Hj Rahmah, Kepala Pengadilan Negeri Tanjungpinang Admiral beserta jajaran.

Selanjutnya rombongan pun bergerak menuju Dompak sejauh 11 kilometer, di antara mereka ada Azhar, Kepala Sub Auditorat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kepri.

Kemudian gowes dilanjut menyusuri jalan kurang lebih 49 kilo meter ke Madu Tiga, pantai Trikora, yang berada di Kabupaten Bintan.

Finish?

Sejatinya memang begitu. Sebagaimana rute yang ditentukan oleh Kajari Tanjungpinang.

Tapi Jefridin bersama rombongan malah menambah lagi rute ke Pelabuhan Tanjunguban sejauh 62 kilo meter. Dengan demikian total jarak yang ditempuh sekitar 122 Km.

Di Tanjunguban inilah, kapal sudah menunggu untuk membawa rombongan kembali ke Batam.

“Man Jadda WaJada!” Siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil. ***

previous arrow
next arrow
Slider

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.