Bunda Marlin: Bangun Karakter Anak Sejak Dini Dimulai dari Keluarga

Kabar Baik dari Batam

Bunda Marlin: Bangun Karakter Anak Sejak Dini Dimulai dari Keluarga

2 min read

BUNDA Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Batam Hj Marlin Agustina, menekankan orang tua untuk membentuk karakter anak sejak dini. Hal tersebut dinilai penting demi masa depan anak.

“Ini yang sering kita tekankan. Jika karakter anak sudah terbentuk sejak dini, maka anak sudah punya bekal yang bagus untuk masa depannya,” ujar Marlin saat bersilaturahmi dengan para guru di Taman Kanak-kanak (TK) Kartini II, Batuampar, Rabu (29/7/2020).

Di hari yang sama, Marlin juga bersilaturahmi dengan para guru di TK Nurul Jadid, Bengkong.

Selain di rumah, Marlin melanjutkan, salah satu wadah untuk membentuk karakter anak yakni PAUD juga TK. Untuk itu Marlin mengajak orang tua untuk memasukkan anak ke PAUD dan TK.

“Pendidikan sejak dini ini sangat penting, saya lihat mutu pendidikan PAUD dan TK di Batam sangat baik,” ujarnya.

Di kesempatan tersebut, Marlin mengingatkan para guru PAUD dan TK juga memahami karakter anak didik masing-masing. Seperti menentukan pola pendidikan yang tepat bagi anak usia dini. Ia menganjurkan, untuk pendidikan anak dini harus melalui cara-cara gembira.

“Beri pendidikan dengan cara bermain dan bernyanyi. Cara tersebut sangat tepat agar anak riang dan gembira,” kata dia.

Ia menegaskan agar para guru PAUD dan TK tidak memaksakan anak-anak belajar membaca dan menulis. Bagi dia, hak anak harus terus dipenuhi dan hal itu menjadi tanggung jawab semua pihak.

“Hak anak bermain, mendapatkan kesehatan, dan yang terpenting kasih sayang,” kata dia.

Jika anak-anak di rumah, Marlin mengingatkan semua pihak yang merupakan orang tua, untuk membacakan cerita dan mendengarkan keluh kesah anak. Jika orang tua sibuk, diminta menghentikan semua aktivitas yang ada demi anak-anak.

“Kasihan anak kita, saatnya kita perhatikan anak, dampingi mereka dalam proses tumbuh kembangnya,” kata Marlin.

Sementara itu, Wakil Ketua Yayasan Keluarga Batam (YKB), Tanjung, mengapresiasi kedatangan Marlin.

Di kesempatan itu, ia menyampaikan, semua sekolah di bawah naungan YKB berusaha sebaik mungkin melayani pendidikan. Bahkan, di masa pandemi ini, pendidikan dilakukan secara daring dan datang langsung ke rumah siswa.

“Kita sama-sama berharap pandemi ini segera berakhir. Kami juga berharap ijazah anak-anak TK bisa dijadikan salah satu syarat untuk masuk ke SD,” katanya. ***
_______
Sumber: Media Center Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *